5 Kampus Islam Tertua di Indonesia dan Dunia

Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Foto: Internet

Padang – Pendidikan dunia Islam sudah mulai dikembangkan sejak berabad-abad dulu. Tak jarang, masih dapat kita temukan hingga saat ini universitas-universitas Islam yang sudah dibangun sejak dahulu kala dan masih eksis.

Pendidikan merupakan salah satu yang utama di dunia Islam sejak zaman nabi. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan pun ikut bertumbuh, terutama pada zaman dinasti. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya tempat-tempat pusa pendidikan seperti universitas atau perguruan tinggi.

Berikut universitas-universitas tertua di dunia dan juga Indonesia sebagai bentuk bukti kejayaan agama Islam.

1. Universitas Al-Karouin

Al Qarawiyyin, Universitas tertua di dunia. Foto: Internet

Universitas Al-Korouin atau Universitas Al- Qarawiyyin berlokasi di Fes, Maroko. Tak hanya tercata sebagai universitas islam tertua, namun juga universitas tertua secara keseluruhan di dunia dan telah tercatat sebagai perguruan tinggi tertua di dunia oleh Guinness World Records.

universitas ini telah aktif sejak tahun 859 Masehi dan masih eksis hingga sekarang. Yang menarik dari sejarah kampus ini yaitu pendirinya yang seorang perempuan bernama Fatima al-Firi. Awalnya kampus ini bermula dari sebuah masjid yang dijadikan sebagai tempat diskusi oleh masyarakat Qairawan (Tunisia) tentang kajian quran dan fikih, lalu berkembang menjadi ilmu-ilmu di bidang lainnya, seperti tata bahasa,logika, kedokteran hingga musik.

2. Universitas Al-Azhar

Universitas Al Azhar, Mesir. Foto: Internet

Salah satu universitas terbaik di dunia ini ternyata termasuk perguruan tinggi yang paling tua,yaitu didirikan pada tahun 972 M di Kairo, Mesir. Universitas Al Azhar dibangun pada pemerintahan Dinasti Fatimiyah. Sama halnya dengan Universitas Al-Qarawiyyin yang mana awalnya hanya berfokus pada pembelajaran islam saja lalu berkembang dengan ilmu pengetahuan modern.

Eksistensi Al Azhar sebagai institusi pendidikan terkemuka ini pun juga mendapat pengakuan dari Napoleon Bonaparte. Napoleon menyebutkan bahwa Al-Azhar sebagai tandingan Sorbonne, universitas tertua dan terbaik di Prancis. Sekarang, Al Azhar dijadikan sebagai pusat utama sastra dan literatur Arab.

3. Universitas Sankore

Universitas Sankore. Foto: Internet

Universitas ini berada di Timbuktu,Mali, Afrika Barat. Didirikan pada tahun 989 M. Universitas ini terkenal dengan lulusannya yang berkualitas. Hal ini terbukti dengan lulusannya yang dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas. Buktinya, dapat ditemukan lebih dari satu juta risalah di Timbuktu dan tak kurang dari 20 juta manuskrip di kawasan Afrika Barat.

Aktivitas universitas ini bermula dari masjid yang diinisiasi untuk dibentuk oleh kepala hakim Timbuktu saat itu. Lalu, terdapat seorang wanita Mandika yang menyumbangkan dana untuk mengembangkan masjid ini menjadi Universitas yang dikenal hingga sekarang.

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Foto: Internet

Universitas Islam Indonesia atau yang lebih sering disingkat dengan UII ini merupakan universitas islam tertua di Indonesia. Universitas ini berada di Yogyakarta dan didirikan ada tahun 1945. UII merupakan universitas swasta yang tak hanya menyediakan jurusan yang berfokus pada agama saja.

Jurusan-jurusan unggulannya antara lain hukum, pendidikan kimia, dan ilmu komunikasi. UII memiliki alumnus-alumnus yang luar biasa, seperti Mahfud MD dengan jurusan Hukum tata Negara, Hanung Bramantyo dengan fakultas ekonomi dan Pramodya Ananda Toer.

Itulah beberapa Universitas Islam di dunia dan Indonesia. Gimana pemuda, tertarik untuk kuliah disini? Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat !