AA LaNyalla Minta, Perlunya Sinergi RI – Malaysia Jaga Perbatasan

  • Bagikan
Foto : internet

Surabaya – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta Satgas Pengaman Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia untuk bersinergi demi meningkatkan keamanan. Demi meningkatkan keamanan dalam negeri.

Sinergitas ini juga yang dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 642/Kapuas bersama Polisi dan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) Entikong dan Jagoi Babang.

Menurutnya, pengawasan di perbatasan negara harus diperketat, karena daerah perbatasan termasuk daerah yang rentan.

“Daerah perbatasan memang daerah yang rentan. Dan upaya kerjasama kedua negara RI-Malaysia untuk meningkatkan pengawasan dan menjaga stabilitas di wilayah perbatasan harus terus di tingkatkan,” katanya pada Sabtu, 23 Januari 2021.

LaNyalla juga menambahkan bahwa daerah perbatasan adalah bagian dari kedaulatan yang harus dijaga.

Baca Juga :  Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan Diusulkan Tahun 2021

“Jika kita lengah, pihak-pihak tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkannya. Dari daerah perbatasan ini kita harus menghalau segala ancaman yang datang dari luar,” katanya.

Ia juga melanjutkan, ada sejumlah lokasi yang harus mendapat perhatian.

“Di wilayah perbatasan, yang harus diawasi adalah jalur-jalur tikus atau jalur pelolosan. Karena jalur-jalur ini biasa dilalui oleh pelintas batas. Mereka bahkan melalui daerah hutan. Oleh karena itu kita membutuhkan banyak pengawasan. Patroli pun harus rutin dilakukan,” katanya.

LaNyalla menilai wilayah perbatasan sangat rentan dengan berbagai permasalahan sosial, seperti contohnya penyeludupan narkoba.

“Yang sering terjadi adalah penyelundupan narkoba dan juga selundupan orang karena tidak memiliki paspor dan visa. Sehingga hal ini sangat perlu menjadi perhatian kedua belah negara,” katanya.

Baca Juga :  Selesaikan Masalah Konflik, DPD RI Bentuk Pansus Papua

Ia juga menyebut daerah perbatasan sebagai bagian dari wajah Indonesia, sehingga orang yang pertama kali melintas di daerah tersebut akan mendapatkan kesan dari sana.

“Perbatasan adalah bagian dari wajah Tanah Air. Orang yang pertama kali melintas daerah perbatasan akan mendapatkan kesan dari situ. Oleh karena itu, pembenahan infrastruktur, SDM, dan tingkat keamanan akan terus kita dorong untuk ditingkatkan. Kita harus berikan kesan Indonesia sebagai negara yang disiplin, aman, ramah, dan indah,” katanya.

  • Bagikan