Angin Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Pasbar, Kerugian Mencapai 100jt

  • Bagikan
Foto : keadaan rumah warga

Pasaman Barat- Angin Puting Beliung menerjang rumah Ingkek (60), salah seorang warga yang berada di Lubuak Anau, Jorong Langgam, Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Rabu, 31 Maret 2021.

Angin tersebut, memporak porandakan atap rumah dan sebuah gudang perabot pembuatan Dak Truck Kayu tempat ayah lima anak itu bekerja.

Ingkek menjelaskan, saat sebelum kejadian, dirinya mengaku sedang melakukan pekerjaan di sebuah gudang perabot miliknya, yang berada tepat disamping rumah kontrakan tempat dia tinggal.

Waktu itu, dia sempat melihat kumparan angin berwarna hitam yang mengarah ke arah rumahnya. Karena takut dan khawatir, iapun langsung berlari menyelamatkan anaknya yang sedang bermain diteras rumah.

“Saya melihat angin tersebut langsung mengarak kerumah, kemudian langsung menghantam rumah dan gudang perabot tempat saya bekerja,” ujar Ingkek.

Ia menambahkan, terjangan angin kencang itu juga mengakibatkan atap rumah menjadi bertebaran satu-persatu. Selain itu, atap gudang beserta isi di dalamnya menjadi porak-poranda.

“Sangat kencang, bahkan Dak Truck Kayu yang beratnya hampir 500 kg juga terbalik akibat terjangan angin tersebut,” ucapnya.

Akibat dari kejadian tersebut, Ingkek mengaku mengalami kerugian finansial hampir sebesar 100 juta rupiah. Dan itu sudah termasuk, 3 unit mesin perabot, 1 unit mesin las dan 4 unit Dak Truck Kayu.

“Atap rumah sudah rusak parah, lisrtik mati dan tempat usaha juga sudah rusak, semoga ada perhatian dari pemerintah untuk memberikan bantuan, terutama tenda darurat,” harapnya.

  • Bagikan