ASN yang Bolos Usai Libur Lebaran Bakal Dijatuhi Sanksi

JAKARTA, KABARSUMBAR – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar masuk pada Senin 10 Juni 2019 besok, atau usai Cuti Bersama Idul Fitri 1440 H.

Jika ASN tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah, alias membolos, maka yang bersangkutan akan diganjar sanksi hukuman disiplin.

Permintaan Menpan-RB itu tertuang dalam Surat Resmi dengan nomor B/26/M.SM.00.01/2019 tertanggal 27 Mei 2019.

Surat itu sendiri ditujukan bagi para Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat maupun Daerah. Surat juga ditembuskan ke Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Syafruddin meminta pejabat pembina kepegawaian melakukan pemantauan kehadiran ASN sesudah cuti lebaran pada Senin mendatang.

Laporan tersebut diinput melalui aplikasi https://sidina.menpan.go.id pada hari yang sama paling lambat pukul 15.00 WIB.

“Terhadap ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah pada hari Senin, 10 Juni 2019, dijatuhi sanksi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” kata Syafruddin dilansir dalam surat tersebut, Minggu 9 Juni 2019.

Penjatuhan hukuman disiplin kepada ASN itu dilaporkan kepada Menpan-RB juga ditembuskan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) paling lambat 10 Juli 2019.

Sementara itu, Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, atasan ASN yang membolos kerja bisa diberi hukuman dinas kepada yang bersangkutan, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 13 butir 17 PP 53 Tahun 2010.

“Selain itu, bagi yang sudah menerapkan tunjangan kinerja, maka tunkinnya akan dipotong karena bolos. Di BKN, potongan sebesar 2% per hari jika tidak hadir tanpa keterangan yang jelas,” kata Ridwan dilansir Okezone.

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...