Banyak Tahapan yang Dilalui Untuk Jadi Komisioner Komisi Informasi Sumbar

Foto: Internet

Padang – Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan 15 calon komisioner Komisi Informasi Sumbar telah melalui sejumlah tahapan seleksi yang cukup ketat. Adapun tahapan yang dilalui mulai dari seleksi administrasi, uji potensi, psikotes, wawancara, hingga pembuatan makalah bersama Tim Seleksi.

Ia juga menambahkan bahwa salah satu tahapan seleksi di DPRD Sumbar adalah fit and proper tes, yang merupakan tahapan akhir untuk mengevaluasi kapabilitas dan kemampuan seorang calon dalam menjalankan amanah keterbukaan informasi ketika terpilih nanti.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat telah menerima berkas dari 15 calon anggota Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat yang berhasil lolos seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksi. Selanjutnya, para calon akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilakukan oleh Komisi I DPRD Sumbar.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Rafdinal, menyatakan bahwa secara keseluruhan, Komisi I siap untuk memproses penyeleksian calon Komisioner KI periode 2023-2027, terutama dalam hal uji kepatutan.

Ia juga berharap agar KI Sumbar bisa menjadi lembaga yang mampu memberikan penyiaran berkualitas untuk masyarakat Sumbar.

“Proses fit and proper tes ini sangat penting untuk memastikan bahwa calon Komisioner KI Sumbar terpilih memiliki kapabilitas yang memadai dalam menjalankan tugasnya,” jelasnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.