Baznas Pessel Salurkan 500 Paket Lebaran bagi Tenaga Honorer

PESSEL, KABARSUMBAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan menyalurkan bantuan sebanyak 500 paket lebaran kepada 500 tenaga honorer.

Tenaga honorer itu berada dilingkungan Pemkab Pessel yang dikemas melalui Program Baznas Peduli tahun 2019.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni didampingi Ketua Baznas Pesisir Selatan Yuspardi saat apel gabungan di halaman kantor bupati, Senin 27 Mei 2019.

Bantuan paket lebaran itu sendiri berupa gula, minyak goreng, kopi, teh, kain sarung dan beras yang memang dibutuhkan untuk menyambut lebaran nanti.

Bupati mengapresasi langkah Baznas yang menggulirkan Program Baznas Peduli yang ditujukan kepada 500 orang tenaga honorer tersebut.

“Saya apresiasi langkah Baznas ini yang melaksanakan Program Baznas Peduli yang ditujukan kepada tenaga honorer sehingga dapat meringankan beban ekonomi mereka menyambut lebaran nanti. Saya juga berharap agar program ini berlanjut kedepan,” kata Bupati Hendrajoni.

Bupati meminta, Baznas terus mengoptimalkan sosialisasi tentang zakat kepada seluruh elemen yang ada, termasuk masyarakat. Dengan demikian, kata Bupati, mereka akan menyadari bahwa menunaikan zakat adalah wajib bagi umat muslim.

“Sebagai umat muslim, membayar zakat adalah kewajiban. Apalagi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memiliki penghasilan tetap. Penghasilan itu harus dikeluarkan zakatnya sesuai syariat islam. Amat disayangkan, jika ada PNS keberatan membayar zakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Pessel Yuspardi mengungkapkan, Baznas tetap memprioritaskan penyaluran zakat kepada mahasiswa dan pelajar dari keluarga miskin yang dimanfaatkan untuk biaya pendidikan tahun 2019.

Yuspardi mengungkapkan, dana zakat yang disalurkan untuk mahasiswa dan pelajar dari keluarga miskin itu berasal dari zakat yang dikumpulkan dari para PNS.

Kemudian, menurut Yuspardi, Baznas Pesisir Selatan menargetkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah tahun 2019 ini sebesar Rp 7,2 miliar.

Yuspardi mengatakan, target pengumpulan zakat, infak dan sedekah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapi Rp 5 miliar.

Dikatakannya dari target tahun 2019, Baznas Pesisir Selatan akan menyalurkannya sebanyak 40 persen untuk program kemanusian.

“Kemudian, sebanyak 60 persen dari target tersebut akan disalurkan untuk program ekonomi, pendidikan, kesehatan dan dakwah,” kata Yuspardi.

Selain penyaluran zakat kepada mahasiswa dan pelajar yang dari keluarga miskin, Baznas seperti tahun sebelumnya juga menyalurkan zakat untuk kegiatan bedah rumah bagi keluarga miskin, khususnya rumah tidak layak huni.

“Kita terus berupaya meningkatkan kinerja sehingga target penerimaan zakat, infak dan sedekah sebesar Rp 7,2 miliar tahun 2019 mendatang dapat tercapai, jika perlu melebihi target. Selain itu, kita tetap memberikan sosialisasi kepada semua umat muslim bahwa menunaikan zakat adalah kewajiban,” jelas Yuspardi.

Baznas menjamin dana zakat itu disalurkan langsung kepada yang berhak menerima seperti keluarga miskin melalui pembangunan rumah layak huni, bantuan beasiswa kepada mahasiswa dan pelajar dari keluarga miskin dan lainnya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...