Berhasil Membangun Konsep Proklim, Pemkab Tanah Datar Raih Penghargaan

Fhoto : Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menerima Penghargaan Proklim 2018 dari Kementrian Lingkungan Hidup, Rabu (24/10) di Jakarta. (Humas)

 

Fhoto : Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menerima Penghargaan Proklim 2018 dari Kementrian Lingkungan Hidup, Rabu (24/10) di Jakarta. (Humas)

JAKARTA, KABARSUMBAR.COM – Dinilai berhasil membangun konsep Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim), Pemerintah Kabupaten Tanah Datar raih penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Rabu (24/10) yang diterima langsung oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi di Auditorium Manggala Wanabakti Kementrian LHK, Jakarta.

Apresisi yang diberikan oleh Kementrian LHK melalui Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Ruandha Agung itu, menilai jika pemkab berhasil membangun komitmen tinggi secara nyata menjaga lingkungan hidup didaerah secara baik.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh  Menteri LHK Siti Nurbaya itu juga memberikan penghargaan yang sama kepada beberapa Kepala Daerah di Sumatera Barat, seperti Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, Padang Pariaman, Solok Selatan, 50 Kota serta Kota Padang Panjang dan Payakumbuh.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan jika program Proklim ini merupakan program Nasional yang dikelola oleh Kementrian LHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemerintah untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Fhoto : Bupati Irdinansyah Tarmizi didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Januar Pempri usai menerima Penghargaan Proklim 2018 di Jakarta, Rabu (24/10).(humas)

“Tanah Datar termasuk salah satu kabupaten yang mendapatkan penghargaan itu, berdasarkan penilaian yang dilakukan, masyarakat berhasil mendukung program ini sehingga kita meraih penghargaan. Terimakasih untuk masyarakat Tanah Datar,” ucap Irdinansyah.

Apresiasi atas penghargaan yang diberikan Kementrian LHK itu, ucapnya tidak luput dari kinerja Dinas LH yang berhasil memberikan konsep yang nyata kepada masyarakat, juga upaya yang telah dilakukan jajaran Pemkab Tanah Datar bersama masyarakat, sangat perhatian terhadap lingkungan hidup.

“Penghargaan ini dapat menambah semangat kami didaerah untuk terus meningkatkan kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Kedepan kita akan semaksimal mungkin terus mendukung proklim yang diagendakan oleh Kementrian LHK ini,” sebut Irdinansyah yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Januar Pempri.

Sementara itu, Januar Pempri mengatakan, Pemerintah Daerah Tanah Datar mendapatkan apresiasi karena daerah sudah mendukung kegiatan Kementerian LHK ini dari awal diluncurkan melalui program terpadu kampung iklim.

“Program tersebut tersebar di seluruh nagari di Tanah Datar  dan itu juga di anggarkan di APBD Tanah Datar dalam bentuk pembinaan lansung ke lapangan,” katanya.

Menurutnya, pada tahun ini pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pengelolaan lingkungan, diantaranya sosialisasi program terpadu kampung iklim untuk lingkungan hidup di masing-masing nagari yang didukung dengan himbauan dan surat edaran oleh Bupati Tanah Datar.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Ruandha Agung katakan berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. 84/MENLHK-SETJEN/KUM.1.11/2016, tentang Program Kampung Iklim. Kegiatan ProKlim telah ditetapkan sebagai program strategis gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis masyarakat.

“Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu upaya memperkuat implementasi ProKlim, selain kegiatan pendampingan kepada Pemerintah Daerah dalam membangun kampung iklim,” ucap Ruandha.

Mendukung hal ini, Ditjen PPI telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan ProKlim melalui Peraturan Dirjen PPI No. P.1/PPI/SET/KUM.1/2/2017.

Laporan : Aldoris

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.