BPJS Kesehatan Tegaskan Kartu Askes Masih Berlaku

 

BPJS Kesehatan Padang menegaskan bahwa informasi yang beredar di media sosial bahwa kartu Askes yang berwarna kuning sudah tidak berlaku lagi per 1 Oktober 2017 adalah hoax. Jadi, warga diimbau tak perlu panik dan berdesak-desakan mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Padang, Ade Chandra menegaskan, kartu Askes tetap bisa digunakan.

Menurutnya, kartu Askes warna kuning, yang dipegang oleh PNS aktif atau kartu JKN yang warnanya abu-abu yang listnya biru dan hijau itu masih dapat digunakan.

“Memang ada program penggantian, namun prosesnya dilakukan secara bertahap dan dapat dilakukan secara kolektif melalui satker masing-masing,” ujar Ade Chandra pada acara Forum Media BPJS Kesehatan Kota Padang bersama wartawan Kota Padang, di Padang, Rabu (18/10).

Sementara itu, lanjutnya, bagi para pensiunan pemegang kartu Askes harapannya segera melakukan update data secara kolektif melalui himpunannya. Misalkan untuk pensiunan PNS bisa melalui Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI).

“Jadi sebenernya lewat kolektif mudah. Pesertanya tidak mengantre lama, tinggal mengumpulkan kepesertaannya itu ke PWRI,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Penjaminan Manajemen Rujukan, Delila Melati, Kepala Bidang Kepesertaan & Pelayanan Peserta Sony Malino, dan Kepala Bidang Kolekting dan Keuangan Mayrita.