Bupati Bersama KPU Kabupaten Solok Launching Gerakan Warga Nagari Sadar Memilih

Solok Kota – Di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, Selasa, 07 Juli 2020, Pemerintahan Kabupaten Solok bersama KPU Kabupaten Solok melaksanakan kegiatan sosialisasi tahapan pemilihan serentak dan launching gerakan warga nagari sadar memilih dalam pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, serta bupati dan wakil Bupati Solok.

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Solok Gusmal dan Sekda Aswirman  serta Ketua KPU Prov. Sumbar Amnasmen dan Ketua KPU Kab. Solok Gadis M, turut hadir juga Forkopimda, Kepala DPMN Kab. Solok Ferisnovel dan Ketua Bawaslu serta Kepala Bank Nagari Cab. Solok Heri Wildani, kemudian hadir juga camat dan wali nagari se-Kabupaten Solok.

Ketua KPU Kabupaten Solok Gadis menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan tahapan Pemilukada kepada seluruh pihak terkait, agar diteruskan pula ke masyarakat, guna dipahami dan tidak ada lagi keraguan bagi masyarakat Kabupaten Solok khususnya.

“Pilkada serentak ini akan dilaksanakan, sesuai jadwalnya pada tanggal 09 Desember tahun 2020 ini, setelah mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19 di dunia, khususnya di daerah Kabupaten Solok,” ujarnya.

Gadis berharap melalui sosialisasi ini, semoga dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam memberikan hak suaranya di TPS-TPS yang tersebar di 74 nagari yang ada di daerah Kabupaten Solok dalam pelaksanaan pilkada serentak nantinya.

“Saat ini sedang berlagsung verifikasi faktual dilapangan, untuk itu, kami dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, meminta sangat peran serta seluruh elemen terkait, agar ikut berperan aktif demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini,” tutup Gadis.

Beriringan dengan itu, Bupati Solok Gusmal, berpesan kepada para wali nagari se-Kabupaten Solok, agar memiliki tekad yang sama dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada, salah satunya ikut mengajak masyarakat dalam memberikan hak suaranya pada pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020.

“Kemudian, berikan pemahamam kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan hak suara pada saat pilkada, sebab hal tersebut akan berkaitan langsung dengan calon pemimpin daerah yang terpilih nanti,” ujar Bupati.

Gusmal juga menegaskan kepada wali nagari, agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih tentang proses tahapan pilkada serentak tahun 2020 ini.

“Dan, kepada semua stakeholder harus saling bersinergi serta bekerja sama dalam menjamin keamanan, kenyamanan masyarakat dalam pelaksanaan pilkada nantinya,” ucapnya.

Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok, agar dapat menciptakan pilkada yang aman dan tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam hal ini, masyarakat perlu juga mengawasi pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh calon-calon kepala daerah, guna untuk menghindari adanya kecurangan-kecurangan pada pilkada nantinya.

Bupati juga mengingatkan kepada ASN agar tidak ada keberpihakan kepada salah satu calon, maka dari itu, mari kita jaga sikap netralitas terhadap para calon-calon kepala daerah yang ikut dalam pertarungan pilkada serentak tahun 2020 ini.

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...