Bupati Tanah Datar Himbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Diluar

BATUSANGKAR, KABARSUMBAR – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengeluarkan himbauan menyikapi kualitas udara yang tidak sehat di daerah tersebut.

Hal itu setelah adanya pengukuran dari Dinas Lingkungan Hidup setempat, jika kualitas udara di daerah tersebut terbilang kurang baik.

Himbauan itu sendiri tertuang dalam Surat Edaran Bupati Tanah Datar dengan nomor 600/510/Perkim LH-2019 yang ditujukan kepada Kepala Perangkat Daerah, pimpinan instansi vertikal, BUMD, BUMD, dan Wali Nagari se-Tanah Datar.

Dalam edaran itu, Bupati mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan.

Kabag Humas dan Protokol Yusrizal menjelaskan, dalam surat edaran tersebut ada lima point imbauan, seperti masyarakat dan ASN diimbau untuk menghindari aktifitas diluar ruangan dalam jangka yang cukup waktu lama.

Kemudian, agar menggunakan masker apabila beraktifitas di luar ruangan, jika aktifitas tersebut tetap harus dilakukan, pihak sekolah agar menunda kegiatan atau aktifitas sekolah dengan durasi waktu cukup lama hingga kondisi membaik, mengimbau masyarakat tidak melakukan aktifitas pembakaran yang dapat menambahkan jumlah kandungan asap dan menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada saat berada di jalan raya.

“Imbauan ini agar disebarluaskan kepada masyarakat dan kita berharap kabut asap ini segera hilang sehingga kita bisa kembali beraktifitas secara normal dan mari kita berdoa bersama agar diturunkan hujan sehingga udara semakin baik,” kata Yusrizal, Minggu 15 September 2019 kemarin.

Yusrizal menekankan agar masyarakat menghindari pembakaran. Pasalnya, menurut laporan dari Dinas Pol PP dan Damkar menyatakan, dalam jangka waktu 1×24 jam pada tanggal 13-14 September telah terjadi kebakaran lahan sebanyak enam kali.

“Diminta kepada Warga Tanah Datar untuk selalu waspada dan jangan membakar sampah sembarangan,” sebut Yusrizal.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...