Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tanah Datar 2018

Foto: Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra saat membuka Bursa Inovasi Desa. (Rehan)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Bursa inovasi desa merupakan sebuah pasar ide serta inovasi dalam merencanakan hingga melaksanakan pembangunan nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar, baik dari sisi infrastruktur, kewirausahaan sampai sumber daya manusia dalam rangka pengunaan dana desa yang lebih efektif.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis saat membuka acara Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Tanah Datar yang diselengarakan di Gedung Maharajo Dirajo, Batusangkar, Rabu (14/11).

“Bursa inovasi ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi ditingkat kabupaten. Maksud pelaksanaan bursa inovasi desa ini, untuk menjembatani kebutuhan pemerintah nagari akan solusi bagi penyelesaian masalah dalam pengunaan dana desa,” ujarnya.

Ia mengharapkan para peserta yang terdiri Wali Nagari se-Kabupaten Tanah Datar, Ketua BPRN se-Kabupaten Tanah Datar, Tokoh Masyarakat, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Tim Program Inovasi Desa (PID) se-Kabupaten Tanah Datar agar mampu memfasilitasi serta berperan aktif dalam tahapan pelaksanaan pembangunan dengan baik di nagari.

“Dengan adanya kuncuran dana desa, diharapkan nagari mampu untuk mengatur serta mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari,” ujarnya.

Ia menambahkan PID dimunculkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masayarakat desa melalui peningkatan kapasitas dalam mengembangkan rencana pelaksanaan desa secara berkualitas.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Faisal A. melengkapi tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa di antaranya, mendiseminasikan informasi pokok terkait PID secara umum serta program pengelolaan pengetahuan inovasi secara khusus, menginformasikan secara singkat pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, memperkenalkan inovasi masyarakat yang berkembang di nagari dalam meneyelesaikan masalah dalam pembangunan nagari serta membagi informasi tentang Penyedia Peningakatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

“Dasar pelaksaan kegiatan Bursa Inovasi Desa ini salah satunya dari Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertingal dan Tranmigrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2018 tentang penetapan pedoman umum PID,” ujarnya.

Hadir pada saat itu Kepala Dinas Sosial PPPA Yuhardi, Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf. Aryoko, BUMN/BUMD se-Kabupaten Tanah Datar, tim inovasi Kabupaten Tanah Datar, Camat se-Kabupaten Tanah Datar, wali nagari, BPRN dan Tokoh masyarakat se-Kabupaten Tanah Datar.

[Rehan Deny]

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.