Dinilai Strategis, Pemkab Pessel Maksimalkan PID

Pesisir Selatan – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi. Ia mengatakan, pemerintah kabupaten terus mendorong semua nagari di daerah agar berinovasi, dalam mengembangkan potensi dan produk unggulan yang ada. Jumat (4 Desember 2020)

Program Inovasi Desa (PID) memiliki peran yang cukup besar dalam mengembangkan berbagai potensi serta juga dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Saya berharap agar PID terus dikembangkan pada semua nagari di daerah ini. Dari itu kepada camat diminta agar melakukan pembinaan dan pengawasan dalam pelaksanaan PID tersebut di wilayah kerjanya masing-masing,” katanya.

Ia melanjutkan, untuk pengembangan kewirausahaan pada usaha masyarakat maupun usaha nagari, dapat dilakukan melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Berbagai produk unggulan nagari tersebut akan dapat mendinamisasi perekonomian di nagari.

Selain itu, kepada Tim Program Inovasi Desa (PID), ia juga meminta agar  memfasilitasi tahapan pelaksanaan pengelolaan inovasi desa (identifikasi, dokumentasi, eksposisi, replikasi dan merumuskan).

Dijelaskan lagi, bahwa PID dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas nagari, melalui peningkatan produktivitas desa dengan bertumpu pada pengembangan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur.

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...