Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemda Pasbar Bangun Sarana Prasarana Bagi Pelaku UMKM

Webinar SimInvestifal 2022. Foto: Webinar
Webinar SimInvestifal 2022. Foto: Webinar

Pasaman Barat – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kuliner khas Pasaman Barat.

Peningkatan itu dilakukan dengan membangun sarana dan prasarana bagi pelaku usaha dan pedagang untuk memasarkan produk-produk dan jajanan kuliner khas Pasbar di taman kota.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Risnawanto saat melakukan monitoring di taman kota, Rabu (19/1) di dampingi Sekretaris Daerah Hendra Putra, Asisten II Joni Hendri, Kadis Koperasi dan UKM Pahrein, Kepala Badan Aset dan Pendapatan Daerah Afrizal Azhar, Kepala Disnaker Armen, serta stakeholder terkait lainnya.

Wakil Bupati Risnawanto menjelaskan bahwa pembangunan ini didasarkan untuk meningkatkan UMKM di Kabupaten Pasaman Barat, agar mandiri dan berpengaruh kepada peningkatan ekonomi para pelaku UMKM di Pasaman Barat.

Ia menambahkan, dalam meningkatkan kualitas UMKM di Pasaman Barat perlu penanganan dan perhatian Pemerintah dalam memfasilitasi sarana dan keperluan lainnya, sehingga berdampak baik kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Hari ini kami bersama OPD terkait hadir untuk melihat langsung proses pembangunan taman kota yang dialokasikan untuk pedagang kaki lima. Bagi pedagang nantinya akan dibina dengan baik, sehingga pelaku UMKM dapat berdagang dengan nyaman sesuai yang kita harapkan bersama,”katanya

Pemerintah daerah akan menyediakan fasilitas sarana prasarana penunjang lainnya untuk digunakan pedagang kaki lima sepanjang jalan kantor bupati sampai halaman pengadilan negeri.

Wabup juga menambahkan bahwa mulai Februari nanti akan adanya penertiban pedagang kaki lima sekitar jalan utama guna memperindah tatanan kota dikawasan perkantoran.

“Dalam hal ini terdapat sejumlah fasilitas yang diberikan Pemda kepada pelaku UMKM yaitu tempat atau los jualan, penerangan taman, mushalla, tempat duduk bagi pengunjung. Itu semua diberikan untuk kenyamanan pedagang serta pengunjung sehingga dapat mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah dari kegiatan yang dilaksanakan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya,”ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya lokasi khusus yang dibangun Pemda ini dapat meningkatkan pendapatan pedagang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkhusus pelaku UMKM Pasaman Barat.