Empat Petahana DPR RI dari Sumbar yang Tak Lagi Lolos

PADANG, KABARSUMBAR – Sejumlah petahana Anggota DPR RI asal Sumatera Barat tumbang, alias tak lagi duduk di kursi Senayan. Ada yang kalah saing dengan Caleg satu Partainya, dan ada juga Partainya yang tak lagi lolos menuju Senayan.

Jika mengacu pada data hasil rekapitulasi suara KPU Sumatera Barat, Sabtu 11 Mei 2019 lalu, setidaknya ada 4 petahana yang harus merelakan kursi empuk Senayannya.

1.Endre Saifoel (Nasdem)

Pertama, ada nama Endre Saifoel. Pengusaha yang akrab disapa Haji Wen ini harus merelakan kursi Anggota DPR RI-nya kepada rekan satu partainya, Lisda Hendrajoni. Nasdem pada tahun 2014 berhasil memberikan satu kursi, dan diprediksi pada Pemilu 2019 akan terjadi hal yang sama.

Namun, kursi itu tak lagi milik Haji Wen, lantaran terpaut kalah 4.977 suara dari Lisda Hendrajoni. Haji Wen sendiri hanya mampu meraih 32.349 suara, sedangkan Lisda Hendrajoni bertengger diurutan pertama dengan raiahan 37.326 suara pada Dapil 1 Sumbar.

2.Alex Indra Lukman (PDIP)

Berbeda dengan Haji Wen, Alex masih menjadi urutan pertama di Partai banteng tersebut, dengan raiahan 48.984 suara. Namun, suara partainya tak mampu mengejar ketinggalan pada kursi kedelapan atau terakhir pada Dapil 1 Sumbar. Pasalnya, saat mencari kursi kedelapan, PAN masih unggul walau suara partai tersebut dibagi 3 (sistem Saint League).

PDIP hanya mampu meraih 86.423 suara, sementara PAN yang suaranya telah dibagi 3 masih mampu mengantarkan satu lagi Calegnya dengan raiahan 87.002 suara, atau terpaut 579 suara dari PDIP.

3.Refrizal (PKS)

Nasib sama Haji Wen juga dialami Refrizal. Ia harus kalah suara dengan dua rekan satu partainya, Nevi Zuairina dan Hamsuardi. Maju dalam Dapil 2 Sumbar, Refrizal bahkan hanya mampu menduduki posisi ketiga dipartainya.

Pemuncaknya pun dipegang Nevi Zuairina yang berhasil mengatongi 52.141 suara, kemudian posisi kedua Hamsuardi dengan 37.146 suara. Lalu, posisi ketiga barulah Refrizal dengan raihan 27.331 suara.

Pada Dapil 2 Sumbar ini, PKS hanya mampu mengantarkan satu Calegnya menuju Senayan.

4.Agus Susanto (PDIP)

Seperti bersilang, Agus Susanto juga mengalami nasib sama dengan rekan satu Partainya, Alex Indra Lukman yang maju pada Dapil 1 Sumbar. Agus yang maju pada Dapil 2 Sumbar ini berhasil memuncaki suara pada partainya dengan meraih 18.879 suara.

Namun, PDIP tak mampu lolos lantaran hanya mengantongi 47.809 suara secara keseluruhan. Bahkan perolehan suara partainya itu terpaut cukup jauh dari PPP yang berhasil mendapatkan kursi keenam atau kursi terakhir pada Dapil 2 Sumbar tersebut. Dimana, PPP berhasil mengantongi 78.378 suara.

Tak hanya itu, perolehan total suara itu juga terpaut cukup jauh dari pembagian tiga suara Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN. Dimana, masing-masing partai itu jika dibagi tiga sesuai sistem Pemilu 2019 (Saint League), Gerindra 74.630 suara, PKS 66.579 suara, Demokrat 65.944 suara dan PAN 50.492 suara.

Bahkan, PDIP juga kalah suara dengan Nasdem yang meraih 60.663 suara.

Namun hasil ini masih menunggu keputusan final dan pengesahan dari KPU RI paling lambar pada 22 Mei 2019.

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...