Epyardi Asda-Jon Firman Pandu Sah Jadi Pemenang Pilkada 2020

  • Bagikan

Solok Arosuka –  Jumat 26 Maret 2021, KPU Kabupaten Solok Secara resmi menetapkan pasangan Epyardi Asda-Jon Firman Pandu sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada 2020 di aula Solok nan Indah Komplek Kantor Bupati Solok.

Penetapan tersebut berdasarkan surat keputusan KPU Kabupaten Solok, Nomor 3/PL.02.7-Kpt/1302/KPU-Kab/III/2021, tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada 2020.

“Dapat kami sampaikan bahwa pasangan Epyardi Asda-Jon Firman Pandu sebagai pasangan terpilih dalam Pilkada 2020, dengan persentase suara sebesar 35,29 persen,” ujar Ketua KPU Kabupaten Solok, Gadis.

Adapun, pasangan Epyardi Asda-JFP meraup total suara sebanyak kurang 59.625 suara, unggul 814 suara dari pasangan Nofi Candra – Yulfadri Nurdin yang meraup 58.811 suara.

Kemudian pasangan nomor urut 3, Desra Ediwan Anan Tanur – Adli memperoleh suara sebanyak 28.490 dan pasangan urut 4, Iriadi Dt. Tumanggung – Agus Syahdeman meraih 22.048 suara.

Total suara sah dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok sekitar 168.974. Sementara suara tidak sah mencapai 6.980. Total suara keseluruhan 175.954, atau hanya 65,38 persen dari jumlah DPT.

“Surat keputusan (SK penetapan pasangan terpilih) tersebut telah kami serahkan kepada DPRD Kabupaten Solok untuk diparipurnakan, dan Insyaallah, jika tidak ada perubahan, pelantikan akan digelar 26 April mendatang,” jelasnya.

Calon bupati terpilih, Epyardi Asda mengucapkan, terima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten  Solok yang telah berkontribusi mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2020, sehingga semua dapat berjalan dengan aman dan damai hingga seluruh tahapan selesai.

“Kita memiliki tekad untuk memajukan dan menjadikan Kabupaten Solok kedepannya lebih baik lagi, kemenangan ini merupakan kemenangan kita semua, masyarakat kabupaten Solok,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini, kabupaten Solok sangat jauh tertinggal, di Sumatera Barat pun Kabupaten Solok masih belum begitu diperhitungkan secara ekonomi, padahal Solok sangat kaya akan potensi.

Pembangunan juga belum maksimal dan merata. Apalagi bidang pendidikan, menurutnya hal-hal itu yang akan dibenahi nantinya secara bersama-sama.

Ia optimis dengan pengalaman selama tiga periode di DPR-RI, dan relasi yang sudah dibangun selama ini, akan diajak untuk membantu membangun kabupaten Solok, ia bertekad untuk membawa Kabupaten Solok bangkit dan menjadi salah satu daerah terbaik di Sumatera Barat.

“Saya berharap kerjasama seluruh unsur dan stakeholder terkait dalam memajukan dan menjadikan Kabupaten Solok daerah yang terbaik dan berprestasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Plh Bupati Solok, Aswirman menyebut, pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada KPU kabuapaten Solok yang telah melaksanakan proses demokrasi dengan baik dari awal sampai akhir dengan ditetapkannya pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2024.

Hingga saat ini Bupati dan Wakil Bupati Solok terpilih akan dilantik pada tanggal 26 April 2021 jika tidak ada perubahan, penetapan ini nantinya juga akan diumumkan pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Solok.

“Saya harap semoga Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik serta sesuai dengan harapan masyarakat bersama,” tutupnya.

  • Bagikan