Forwana Diharapkan Bisa Meningkatkan Kualitas Daerah di Sumbar

  • Bagikan
Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Sumatra Barat (Sumbar) Zul Arifin Datuk Parpatiah oleh Gubernur Sumbar

Padang – Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Sumatra Barat (Sumbar) Zul Arifin Datuk Parpatiah, resmi dilantik bersama pengurus lainnya oleh Gubernur Mahyeldi di Zul Arifin Datuk Parpatiah pada, Kamis 8 Juli 2021.

Zul Arifin Datuk Parpatiah merupakan Wali Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. Dia juga terpilih dalam Musyawarah Daerah (Musda) forum wali nagari yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Sumbar.

Saat pengukuhan, gubernur meminta wali nagari bisa mengelola nagari secara baik dan sesuai aturan yang berlaku. “Kalau misalnya ada yang tidak dipahami wali nagari atau kepala desa, jangan ragu untuk meminta konsultasi ke dinas terkait,” katanya.

Menurutnya, Forwana merupakan program pemerintah daerah yang ingin pengelolaan nagari berlangsung lebih baik.

Baca Juga :  Polisi Grebek Tiga Penambang Ilegal di Tanah Datar

“Nanti akan dikirimkan orang-orang yang ahli untuk memberikan pelatihan agar pengelolaan nagari bisa berjalan maksimal,” tuturnya, sebagaimana dilansir Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar di situs resmi Pemprov.

Sementara itu Gubernur Sumbar mengatakan, pengelolaan nagari itu termasuk pengelolaan keuangan yang berpotensi menjerat wali nagari atau kepala desa dalam kasus hukum jika tidak dilakukan sesuai aturan.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini, dana desa atau dana nagari yang dialokasikan 8 persen bisa dimanfaatkan untuk pengendalian penyebaran virus Corona di tingkat nagari. Misalnya, dengan pembuatan isolasi mandiri oleh nagari,” jelasnya.

Mahyeldi berharap Forum Wali Nagari bisa dijadikan tempat berbagi informasi antara sesama wali nagari untuk bisa meningkatkan kualitas pengelolaan pemerintahan di daerah masing-masing.

Baca Juga :  Sidang SIP tentang Dokumen Keterangan Kematian, Belum Temukan Putusan Akhir

Ia juga menuturkan banyak hal-hal besar yang bermula dari nagari, termasuk tokoh-tokoh nasional asal Sumbar dalam perjuangan bangsa. Mereka awalnya tumbuh di nagari.

“Kalau ada soliditas di nagari akan muncul lagi tokoh-tokoh nasional dari Sumbar,” ujar Mahyeldi.

  • Bagikan