Gelar Rakor, PMI Bukittinggi Bahas Sejumlah Agenda

 Perwakilan pengurus PMI Kecamatan dalam rakor yang di gelar di Aula Markas PMI Kota Bukittinggi, Kamis (29/9/2017)
Perwakilan pengurus PMI Kecamatan dalam rakor yang di gelar di Aula Markas PMI Kota Bukittinggi, Kamis (29/9/2017). Foto : Rahmat

Bukittinggi – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurus Kecamatan se-Kota Bukittinggi, Kamis (28/9/2017) di Aula Markas PMI, Kota Bukittinggi.

Rakor ini dihadiri langsung oleh Ketua PMI Kota Bukittinggi Chairunnas didampingi Kepala Markas beserta Staf dan relawan PMI lainnya.

Kegiatan Rakor ini dilakukan dalam rangka menyusun rencana kedepan serta memberikan pemahaman terkait hadirnya PMI dalam lingkungan masyarakat dan peran dari kinerja PMI yang bersemboyankan ‘Bersama Untuk Kemanusiaan’.

Ketua PMI Kota Bukittinggi Chairunnas mengatakan, kehadiran PMI selama ini masih diketahui oleh segelintir masyarakat. Itupun hanya sekedar kegiatan donor darah. Sedangkan, PMI itu punya banyak kegiatan dan program yang terlaksana dibidang sosial kemanusiaan.

Untuk itu, kata Chairunnas, dilantiknya pengurus untuk tingkat kecamatan ini merupakan perpanjangan tangan untuk menjelaskan kepada masyarakat dalam memberikan pemahaman terkait apa itu PMI bersama kegiatannya. “Agar masyarakat tersebut, paham akan hadirnya PMI dalam berkiprah di setiap kegiatan kemanusiaan,” kata Chairunnas.

Menanggapi hal tersebut, pengurus dari Kecamatan diwakili oleh Kecamatan ABTB Awiningrum mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan perwakilan masyarakat Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) untuk melakukan sosialisasi terkait kegiatan PMI.

“Selanjutnya, memberikan pemahaman terkait kegiatan PMI yang begitu banyak, bukan hanya dari kegiatan donordarah, melainkan mencangkup segala bentuk kegiatan bidang sosial kemanusiaan. Serta akan menggait seluruh pemuda di tiap Kelurahan untuk bersama dalam kegiatan kemanusiaan,” kata Awiningrum.

Selain itu, Kepala Markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais menambahkan, pihaknya menyambut baik rencana Kecamatan tersebut. Pihaknya akan melakukan pendampingan saat sosialisasi yang dilakukan pengurus Kecamatan, termasuk segala bentuk kegiatan kemanusiaan yang diselenggarakan oleh pengurus Kecamatan.

“Selanjutnya, saat terjadinya musibah atau bencana di setiap Kelurahan, diminta pengurus kecamatan untuk giat melaporkannya kepada Markas PMI Kota Bukittinggi,” kata Ahmad.

Sementara itu, untuk pelayanan ambulan gratis, masyarakat diharapkan melapor melalui pengurus Kecamatan untuk melanjutkannya ke Markas PMI, kecuali dalam keadaan Emergency (darurat).

“Dengan laporan berantai seperti ini, masyarakat akan tahu jika di Kecamatan telah ada pengurus PMI yang juga selalu siaga dan siap bantu bagi masyarakat yang membutuhkan di dalam lingkungan Kelurahan yang ada dalam kecamatan tersebut,” jelas Ahmad.

Untuk biaya operasional kecamatan, pihak PMI Kota Bukittinggi juga telah mengajukannya melalui dana hibah. Sehingga, nantinya, setiap kegiatan kemanusiaan, pengurus yang ada di Kecamatan tidak akan terkendala lagi.

[Rahmat]

Loading...
KPU HIMBAUAN
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...