Harga Sayur di Padang Panjang Naik Akibat Erupsi Gunung Marapi

harga-sayuran-di-padang-panjang-naik-akibat-dampak-abu-vulkanik-gunung-marapi
Harga Sayuran di Padang Panjang Naik Akibat Dampak Abu Vulkanik Gunung Marapi

Padang PanjangHarga sayur-sayuran di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengalami kenaikan akibat erupsi Gunung Marapi. Kenaikan harga terjadi pada sawi bola, buncis, dan wortel.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Padang Panjang, Ade Nafrita Anas, mengatakan kenaikan harga terjadi karena paparan abu vulkanik yang menyebabkan kerusakan tanaman.

“Sawi bola naik mencapai Rp5.000 atau 62,50 persen. Buncis naik 20 persen dan wortel naik 22,22 persen,” ujar Ade dikutip dari laman Facebook Pemko Padang Panjang, Senin (15/1/2024).

Selain itu, Ade mengatakan ada puluhan hektare lahan pertanian yang terdampak abu vulkanik. Akibatnya, tomat hanya 30 persen yang bisa dipanen dengan baik.

Untuk cabai, umumnya yang terdampak terhadap pembibitan.

“Sebagai keberpihakan, kita telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat sebagai langkah antisipasi terhadap abu vulkanik tersebut,” ucapnya.

Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako Padang Panjang, Putra Dewangga, mengatakan Indeks Perkembangan Harga (IPH) Padang Panjang minggu kedua Januari 2024 berada pada angka -1,822 atau berfluktuasi rendah.

“Komoditi utama yang berkontribusi untuk fluktuasi ini adalah cabai merah, susu bubuk dan gula pasir. Semuanya mengalami penurunan,” tuturnya dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Balai Kota Padang Panjang, Senin (15/1/2024).

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.