Hoax ! Gubernur dan Wagub Sumbar Disebut Positif Corona

"Kabar tersebut merupakan hoaks, dan tidak benar."

Padang – Beredarnya kabar jika Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar positif Virus Corona, dibantah oleh pihak Gugus Tugas Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, bahwa kabar tersebut merupakan hoaks, dan tidak benar.

Angkat bicaranya Jasman, lantaran informasi itu telah beredar luas di sosial media, yang menyatakan bahwa dua orang pemimpin Sumbar itu terpapar Corona.

“Kami memyatakan dengan tegas kalau isu yang memyatakan Gubernur dan Wakil Gubernur positif terinfeksi Covid-19 adalah hoaks,” sebut Jasman dalam keterangan tertulisnya di Padang, Selasa 9 Juni 2020.

Jasman menegaskan jika Gubernur dan Wagub memang beberapa kali melakukan tes Swab, namin bukan karena terindikasi COVID-19.

Melainkan, hal itu dilakukan rutin oleh tim kesehatan guna melakukan pengecekan kesehatan terhadap pimpinan tertinggi di Sumbar yang diakuinya, memang memiliki risiko besar terinfeksi Covid-19 lantaran tingginya aktivitas yang dilakukan.

“Dua pimpinan daerah sering memasuki zona berbahaya yang potensial menginfeksi manusia. Seperti ke ruang isolasi, mengunjungi berbagai rumah sakit, pasar-pasar, daerah perbatasan dan lain-lain,” jelas Jasman.

Kabar hoaks yang muncul kata Jasman didasarkan pada fakta bahwa dua pimpinan daerah telah melakukan beberapa kali tes swab.

Selain itu ditemukannya kasus positif terhadap pengawal pribadi Wakil Gubernur dari unsur Satpol PP yang dinyatakan positif COVID-19.

Untuk memastikan terinfeksi atau tidak, maka Gubernur dan Wagub memutuskan melakukan tes swab.

Setelah tes dipastikan dua pimpinan daerah itu negatif Covid-19 dan masih tetap beraktivitas dan menjalankan tugas seperti biasa.

Sementara itu, berdasarkan data hasil pemeriksaan swab Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dari 1.328 spesimen yang diterima dan diperiksa, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi COVID-19 sebanyak 18 orang dan semuanya dari Kota Padang.

Dengan demikian, total warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 hingga hari ini mencapai 644 orang.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...