Identik Rasa Pedas, 7 Makanan Khas Minangkabau yang Menggugah Selera

Salah satu Rumah Makan Nasi Kapau di Sumatera Barat. Foto: Internet

Padang – Makanan khas Minangkabau lekat dengan rasanya yang pedas dan menggugah selera. Cita rasa pedas berasal dari aneka rempah khas Indonesia yang menjadi bahan baku pembuatannya.

Masakan khas Minangkabau menjadi idola banyak orang Makanannya pun juga terdiri dari berbagai macam jenis olahan, mulai dari makanan berat, kue tradisional hingga camilan semua orang pasti suka sekali dengan masakan Padang

1. Gulai Masin Ikan

Gulai masin ikan sering ditemui di daerah pesisir Sumbar. Foto: Internet

Hidangan satu ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol, yaitu warna kuahnya berwarna kuning kental. Semua bagian dari ikan bisa digunakan baik utuh atau hanya beberapa bagian, yang mana bagian paling favorit yang disukai masyarakat adalah bagian kepala ikan.

2. Sate Padang

Sate Padang berwarna kecoklatan. Foto: Internet

Sate PadangĀ  merupakan sebutan untuk tiga jenis varian di Sumatera Barat, yakni sate Padang, sate Padang Panjang dan sate Pariaman dan daging sate ini terbuat dari daging sapi, lidah dan juga jerohan sebagai bahan utamanya. Disajikan dengan siraman bumbu kacang kental ditambah dengan cabai yang cukup banyak sehingga menimbulkan cita rasa pedas.

3. Gulai Banak

Gulai banak banyak digemari oleh perantau. Foto: Internet

Dalam bahasa Minang, gulai banak memiliki arti gulai otak. Bahan utamanya adalah otak sapi yang sudah dipotong-potong, dicuci bersih dan dikeringkan tempat lebih amaan.

Bumbu gulainya mirip dengan gulai Minang pada umumnya, yaitu dengan menggunakan santan, cabai merah, kunyit, serta bumbu, herba, dan rempah lainnya sehingga kuahnya berwarna merah-oranye. Kental gulai ini akan diberi tambahan irisan daun mangkok agak banyak sehingga memunculkan cita rasa yang begitu khas

4. Gulai Itiak

Gulai Itiak banyak ditemui di daerah Agam dan Bukittinggi. Foto: Internet

Makanan khas Minangkabau satu sangat terkenal dari Koto Gadang Agam, Bukittinggi menggunakan bahan dasar itik yang kemudian di berikan bumbu cabai keriting hijau, laos, jahe, kunyit, daun jeruk, daun kunyit serta daun salam.

Itik muda yang telah dipotong, pada nantinya kemudian dibakar terlebih dahulu. Lalu setelah diberikan bumbu-bumbu tersebut, itik akan disajikan dengan warna hijau.

5. Rendang

Kualitas rendang asli Minangkabau sangat berbeda dengan masakan lainnya. Foto: Internet

Rendang sendiri merupakan makanan khas suku Minangkabau paling terkenal hingga saat ini bahkan telah dinobatkan menjadi salah satu makanan paling lezat di dunia. Rendang diolah menggunakan rempah dan juga santan.

Rendang dimasak dalam waktu yang cukup lama yang membuat ketahanan hingga beberapa Minggu..

6. Dendeng Balado

Dendeng Balado memiliki citarasa pedas tanpa mengurangi rasa daging sapinya. Foto: Internet

Dendeng hidangan yang dibuat dari irisan tipis nan lebar dari daging sapi, kemudian dikeringkan dan digoreng hingga kering. Daging goreng nantinya diberi bumbu balado, sementara masakan Minang yang disajikan semuanya sekaligus, bakal selalu cocok satu sama lain.

Balado sendiri merupakan teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah.

7. Nasi Kapau

Nasi Kapau berasal dari daerah Kapau. Foto: Detik

Nasi campur Makanan khas Minangkabau yang satu ini terdiri dari nasi, sambal, lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka, gulai cancang, gulai tunjang dan gulai babek atau paruik kabau nasi kapau yang memiliki cita rasa berbeda dengan yang dimiliki oleh nasi padang

Nasi kapau hidangan yang berasal dari sebuah nagari bernama Kapau nagari atau Desa Kapau terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Itulah 7 makanan khas Minangkabau dengan rasa pedas dan menggugah selera. tertarik untuk mencobanya?