Kampus  

Ilmu Komunikasi UNAND Gelar COSMIC Creative Movement 2022

Padang – Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menggelar kegiatan COSMIC Creative Movement pada Senin, (26/2022). Kegiatan berlangsung mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. COSMIC Creative Movement didukung oleh Fabriek Bloc yang sekaligus menjadi tempat pelaksanaan untuk kegiatan ini. COSMIC Creative Movement hadir dalam bentuk kegiatan amal berupa talkshow, pameran seni dan konser.

COSMIC Creative Movement merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas. Melalui mata kuliah Training Of Trainers dan Management Event yang diampu oleh bapak Ilham Havifi, M.I.Kom dan ibu Annisa Anindya, M.I.Kom. Kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan kemampuan serta pengetahuan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas dalam membuat dan memanajemen sebuah kegiatan. Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh bapak Diego M.I.Kom selaku sekretaris jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas.

“Acara ini telah kami persiapkan sejak satu setengah bulan yang lalu, yaitu di akhir Mei hingga pelaksanaan di tanggal 26 Juni ini. Kami mengangkat tema “Industri Kreatif” dengan harapan kegiatan ini mampu menjadi salah satu wadah bagi mereka yang tertarik untuk belajar, mengenal dan menyalurkan kreativitas, terutama bagi kalangan muda di Kota Padang. Saya mewakili teman-teman panitia COSMIC Creative Movement yang telah berjuang dengan keras demi acara ini hingga akhirnya kita berhasil melaksanakan acara offline pertama kita setelah dipisahkan oleh pandemi selama lebih dari setahun, terima kasih teman-teman semua” ucap ketua pelaksana, Arif Abdul Aziz.

Adapun rangkaian kegiatan COSMIC diawali dengan pembukaan oleh pembwa acara lalu dilanjutkan dengan konser musik. Pada pukul 19.30 WIB Talkshow yang bertemakan  “Creativity Is The Key Of Successful Branding” dimulai dengan mengundang 3 pembicara yang ahli di bidan industri kreatif. Adapun pembicara dalam Talkshow COSMIC Creative Movement 2022 yakni bapak Handoko Hendroyono selaku Co-Founder M-Bloc Group, bapak Satria Haris yang merupakan Deputi Pengembangan Bisnis ICCN dan Brand Activator serta bapak Satria Oktahade sebagai Founder Parewa Coffee.

Talkshow tersebut membahas pentingnya branding di tengah perkembangan Kota Padang yang terus menghasilkan bibit-bibit kreativitas dan inovasi.

“Branding merupakan narasi atau storytelling yang memberikan impact sosial kepada masyarakat.” ucap Co-Founder M Bloc Group, bapak Handoko Hendroyono.

Lebih lanjut, Satria Haris menegaskan bahwa branding adalah proses berkelanjutan, sehingga harus diiringi konsistensi. “Branding is continue proses. Branding adalah sebuah proses berkelanjutan yang membuat hal tidak terlihat menjadi tampak dan di perhitungkan”, ucap Deputi Pengembangan Bisnis ICCN dan Brand Activator tersebur.

Satria Oktahade juga menambahkan bahwa dalam membangun branding tidak dalam sekejap mata, tetapi butuh proses yang lama. “Membangun branding itu membutuhkan proses, prosesnya lama. Tidak seperti membalikkan telapak tangan, untuk Parewa Coffee sendiri membangun branding membutuhkan waktu 7 tahun. Dan ternyata branding yang kami lakukan dari awal berimpact sampai sekarang. Intinya adalah Trust the proses,” ucap Satria Oktahade sebagai Founder Parewa Coffee pada talkshow COSMIC 2022.

Selain itu, dalam kegiatan COSMIC mengahdirkan “Digital Art Exhibition” sebagai wadah bagi para seniman mahasiswa kota Padang untuk menampilkan karya digitalnya.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib. Antusias pengunjung yang menghadiri kegiatan COSMIC Creative Movement cukup tinggi, hal ini dilihat melalui padatnya pengunjung saat itu. Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan.