Injak Hari Kedua, Belum Ada Bacaleg yang Daftar ke KPU Padang

Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU

PADANG, KABARSUMBAR – Memasuki hari kedua, Kamis (5/7/2018) pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Padang, belum ada satupun para calon yang mendaftar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang M Sawati mengatakan, menginjak hari kedua ini, pihaknya belum menerima satupun pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2019.

“Hingga Kamis ini belum ada yang mendaftar. Hanya beberapa partai yang datang untuk berkoordinasi,” kata Sawati di Padang.

Dikatakan Sawati,pendaftaran sendiri sejatinya sudah dibuka semenjak 4 Juli dan berakhir pada 17 Juli 2018.

“Untuk waktu pendaftaran pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB selama periode pendaftaran. Sementara hari terakhir, pendaftaran dimulai pukul 08.00 hingga 24.00 WIB,” jelas Sawati.

Lebih lanjut dijelaskan Sawati, adapun persyaratan Bacaleg diantaranya, diajukan oleh pimpinan partai dari kepengurusan yang sah sesuai tingkatnya, jumlah calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

“Kemudian, disusun dalam daftar Caleg yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen pada setiap Dapil,” pungkas Sawati.