IPDN Kampus Baso Lirik Kerjasama dengan Nagari Tabek Patah

  • Bagikan

Tanah Datar – Nagari Tabek Patah yang masuk ke dalam Kecamatan Salimpuang Kabupaten Tanah Datar ini memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan, mulai dari pertanian, perkebunan, hingga potensi pariwisata.

Berada di kaki gunung marapi, Nagari Tabek Patah tentunya memiliki iklim hawa yang sejuk serta bentangan alam yang indah.

Salah satu ciri khas daerah ini ialah minuman kopi kawa daun yang terkenal. Disamping itu juga terdapat panorama tabek patah yang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Tanah Datar.

Dengan segala potensi yang dimiliki oleh Nagari Tabek Patah tersebut membuat Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus Baso Sumatra Barat ingin menjalin kerjasama. Kerjasama ini juga merupakan salah satu tujuan dari bentuk tri darma perguruan tinggi yaitunya berfokus pada penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ketertarikan IPDN Baso dengan keindahan alam Tabek Patah ini terungkap saat Direktur IPDN Sumatera Barat, Tun Huseno, bersama rombongan bertemu dengan Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Wabup Richi Aprian di Rumah Dinas komplek Indo Jolito Batusangkar pada Jum’at 26 Maret 2021.

Direktur IPDN Sumatra Barat tersebut mengungkapkan bahwa Nagari Tabek Patah ini dapat berpotensi menjadi Nagari Wisata. Disini pihak IPDN akan berfokus pada pengembangan SDM. Nantinya akan ada kegiatan peningkatan kualitas SDM yang dilaksanakan seperti pelatihan Bahasa Inggris yang dijadwalkan dua kali satu minggu (Kamis dan Jum’at) untuk 20 orang peserta dari pelaku wisata dan masyarakat.

Beliau juga menambahkan, pihak IPDN juga akan memberikan pendapingan dalam pengeloloaan website nagari. Website tersebut nantinya akan dapat mengupdate perkembangan potensi-potensi yang ada di nagari tersebut seperti pertanian, perkebunan, UMKM, dan komoditi lainnya.

Selain itu pihaknya juga akan membuat sistem pelayanan di Kantor Wali Nagari Tabek Patah yang mengacu pada sistem aplikasi dan menjadikan nagari ini menjadi nagari percontohan di Sumatra Barat.

Kegiatan Kerjasama ini juga akan melibatkan praja dalam kegiatan luar kampusnya, selain itu pihak IPDN juga menjalin kerjasama dengan Universitas Bung Hatta tentang penyuluhan dan perkembangbiakan ikan air tawar khas Tabek Patah.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik, memberi suport dan dukungan terkait rencana IPDN tersebut yang akan berkolaborasi dengan masyarakat Tanah Datar terkhusus masyarakat Nagari Tabek Patah. Bupati juga minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat dapat menindak lanjuti dan mendukung program IPDN di Nagari Tabek Patah tersebut.

Dalam pertemuan dengan Direktur IPDN Kampus Sumatra Barat beserta rombongan tersebut, pihak Pemda Tanah Datar juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, Kadis Kominfo Abrar, Kabag POD Herison, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.

  • Bagikan