#BikinAsikdiRumah - Mar 2020
#BikinAsikdiRumah - Mar 2020

Istano Basa Pagaruyung Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Agam – Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, objek wisata Istano Basa Pagaruyung secara ketat menerapkan adaptasi kebiasaan baru melalui penerapan protokol kesehatan yang berlaku di Sumatera Barat bagi para pengunjung dan petugas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Istano Basa Pagaruyung, Ridwan, mengakui bahwa protokol kesehatan COVID-19 wajib untuk semua pengelola dan petugas dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru.

“Kita memang wajibkan kepada semua petugas, pedagang dan wisatawan untuk patuhi protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Bahkan untuk antisipasi sudah dilakukan Tes Swab terhadap seluruh petugas, Alhamdulillah semua negatif,” kata Ridwan.

Dalam penerapannya, pengelola Istano Basa Pagaruyung melakukan pembatasan jumlah pengunjung di dalam ruangan sebanyak 40 orang guna menghindari kerumunan.

Meski begitu, diakui Ridwan, jumlah pengunjung mengalami penurunan yang signifikan dibanding sebelum pandemi.

“Kunjungan wisatawan turun 70% lebih, saat ini yang datang hanya wisatawan lokal atau wisata keluarga,” ungkapnya.

Penurunan tersebut juga berdampak pada pelaku usaha lain yang bergantung pada wisatawan yang datang, seperti fotografer, pedagang sekitar, hingga penyewaan baju adat.

Mereka berharap COVID-19 segera berlalu dan pariwisata di Tanah Datar bisa kembali menggeliat dan ekonomi masyarakat secepatnya segera pulih

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...