Jadi Narasumber Mukerda LKAAM Sijunjung, Andre Rosiade Tawarkan Konsep Koperasi untuk Ninik Mamak Sijunjung

Foto: Andre rosiade dan Epiradisman menyaksikan silat yang dipersembahkan oleh Salah satu perguruan silat di nagari Tanjung Bonai Aur dalan Mukerda LKAAM. (Hendri)

SIJUNJUNG, KABARSUMBAR – Sebagai kabupaten yang memiliki banyak potensi, Sijunjung mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan koperasi.

“Ninik mamak saat ini tidak harus menjadi orang didahulukan selangkah dalam hal adat istiadat saja, tetapi juga harus mampu memberikan sesuatu hal yang bermanfaat dalam peningkatan perekonomian masyarakat dan anak kemanakan dengan membangun ide berkoperasi, karena kita memiliki konsep koperasi tersebut,” ungkap Andre Rosiade, saat menjadi narasumber dalam Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM) kabupaten Sijunjung di gedung Gor Sibinuang Muaro, senin (26/11).

Koperasi menurut Andre, tidak hanya membangun perekonomian, tetapi juga meningkatkan fungsi ninik mamak sebagai seseorang yang dihormati di tengah masyarakat.

Dijelaskan Andre, dalam menghidupkaan fungsi koperasi, pengurus harus fokus, tidak bekerja sambilan dan harus memiliki komitmen seluruh anggota. Sehingga apa yang menjadi tujuan koperasi mampu diwujudkan.

“Peluang untuk memfungsikan koperasi menjadi penunjang ekonomi sangatlah besar di Sijunjung, hanya butuh keseriusan dan kesungguhan seluruh pengurus, dan kami akan menjadi pendukung bagi setiap koperasi yang dibangun oleh ninik mamak,” tegas Andre Rosiade.

Sementara menurut Ketua LKAAM Sijunjung, Epiradisman mengatakan, ninik mamak Sijunjung ke depannya tidak hanya akan menjadi ninik mamak rumah gadang saja, tetapi juga akan menjadi ninik mamak dalam peningkatan kesejahteraan bagi nagari, ninik mamak dan masyarakat.

“Ke depannya kita akan berupaya menghadirkan hal positif bagi seluruh ninikmamak di Kabupaten Sijunjung dengan membangun koperasi ninik mamak” pungkas Epiradisman, Datuak Paduko Alam.

(Hendri)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.