Karang Taruna Elok Baso Pangian Wakili Tanah Datar ke Sumbar

Tim penilai karang taruna Kabupaten Tanah Datar mengunjungi sekretariat KT Elok Baso Nagari Pangian.

 

Tim penilai karang taruna Kabupaten Tanah Datar mengunjungi sekretariat KT Elok Baso Nagari Pangian.

Karang Taruna Elok Baso Nagari Pangian bakal mewakili Tanah Datar dalam penilaian Karang Taruna terbaik untuk tingkat provinsi. Karang Taruna Elok Baso dinilai bersama beberapa perwakilan Karang Taruna di nagari lainnya yang ada di Tanah Datar.

Sekretaris Umum Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar Budi mengatakan, untuk Tanah Datar beberapa Karang Taruna Nagari telah dinilai oleh tim penilai yang berasal dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tanah Datar yang dikepalai oleh Yuhardi dan pengurus Karang Taruna Kabupaten pada Senin-Selasa, 16-17 April 2018 yang lalu.

“Dari hasil penilaian tim, Karang Taruna Elok Baso Nagari Pangian memiliki banyak keunggulan dari karang taruna lainnya. Maka dari itu, mereka akan mewakili Tanah Datar untuk tingkat provinsi,” ujar Budi.

Budi berharap, agar Karang Taruna Elok Baso Nagari Pangian untuk dapat mempersiapkan diri dalam penilaian tingkat provinsi nanti. “Secara struktural dan administrasi, Karang Taruna Elok Baso sudah bagus. Termasuk kegiatan-kegiatan bakti sosial dan gotong royong sudah sangat bagus,” jelas Budi.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tanah Datar Firdausiah mengatakan, di antara beberapa Karang Taruna yang dinilai adalah Karang Taruna Batipuah Baruah, Pangian, Batipuoh Selatan, dan Tanjungbaru.

“Kita telah mengunjungi semua Karang Taruna tersebut, dan itulah hasilnya. Kedepan sebagai perwakilan kabupaten, kita akan melakukan pendampingan agar Karang Taruna Elok Baso tampil menjadi terbaik di tingkat provinsi,” ujarnya.

Dilain pihak, Wakil Ketua Karang Taruna Elok Baso Yurid Erja didampingi Sekretaris Almusteki mengungkapkan, sejak berdiri pada April 2017 lalu, Karang Taruna Elok Baso terus melakukan kegiatan dalam bidang sosial. Bersama dengan pemuda nagari dan tokoh masyarakat, pengurus dan warga Karang Taruna Elok Baso banyak melakukan kegiatan bakti sosial.

Karang Taruna Elok Baso juga berperan aktif dalam menyatukan pemuda nagari untuk maju dan terus menggeliat dalam kegiatan apapun, mulai dari gotong royong perbaikan irigasi yang dimanfaatkan puluhan hektar sawah, hingga membersihkan masjid dan mushollah yang ada di nagari tersebut.

“Sebagai wadah yang menghimpun para pemuda di Nagari Pangian, anggota karang taruna Elok Baso memiliki semangat juang yang cukup tinggi, mereka tidak segan-segan menyingsingkan lengan baju untuk turun ke lapangan bekerja langsung mempersihkan saluran tali bandar yang tersumbat, selain itu juga kembali mengidupkan budaya gotong royong ditengah-tengah masyarakat,”tutur Yurid.

Sementara itu Wali Nagari Pangian Abdul Wazid bersama Syafrizal Ketua BPRN Pangian menegaskan akan mendukung penuh Karang Taruna Pangian didalam penilaian Karang Taruna terbaik.

“Kita juga segera merealisasikan anggaran bagi Karang Taruna Elok Baso agar lebih lancar dalam kegiatannya. Semoga kedepan bisa lebih baik,” ujar walinagari. (rel)