Kasus Covid-19 di Payakumbuh Bertambah, Dinkes Minta yang Mudik Lebaran Lakukan Rapid Tes

  • Bagikan
Foto : ilustrasi

Payakumbuh –  Jelang lebaran penularan Covid-19 di Kota Payakumbuh masih terus terjadi. Setelah dilakukan tracking terhadap kasus positif sebelumnya 13 orang lagi dinyatakan positif pada Sabtu 1 Mai 2021.

Berdasarkan data dinas kesehatan (Dinkes) Payakumbuh, memasuki ramadhan ke-19 sudah 94 orang masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Minggu 2 Mai.

Itu setelah dinkes melakukan tes swab yang dilakukan kepada riwayat kontak. Dari tracking itu, yang hasilnya keluar ditemukan penambahan kasus 13 orang positif Covid-19 dan 11 orang bebas isolasi di Payakumbuh.

“Hari ini terjadi penambahan yang cukup banyak, namun yang bebas isolasi juga banyak,” ujarnya.

Menurutnya, hingga hari ini data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 82 orang isolasi mandiri dirumah dan 12 orang dirawat di rumah sakit. Untuk itu, petugas berupaya melacak kontak dengan kasus positif sebelumnya.

Selain itu, menghadapi mudik lebaran pihak dinkes juga mengimbau, untuk mencegah terjadinya penambahan kasus baru di Payakumbuh, bagi masyarakat Payakumbuh yang pulang kampung agar segera melapor ke puskesmas terdekat untuk dilakukan rapid tes antigen.

“Supaya tidak ada klaster baru, kepada perantau yang baru datang segeralah melapor ke puskesmas atau kelurahan. Dan langsung minta di rapid antigen. Karena rapid antigen ini akan kita berikan dua kali, yaitu waktu baru datang dan yang keduanya setelah istirahat lima hari,” tegasnya.

Dia juga terus menghimbau dan mengingatkan warga, agar tetap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Covid-19 belum berakhir, hari ini tambahan kasusnya cukup banyak. Jadi kepada warga masyarakat, tetap waspada dan terus terapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Agar rantai penularan bisa kita antisipasi,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit (P3) Fitri, via whatsapp kepada media, menyampaikan data terbaru perkembangan Covid-19 di Kota Payakumbuh. Dimana untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah, suspek sebanyak 3 orang.

Kasus konfirmasi sebanyak 1.032 orang, sembuh sebanyak 925 orang, isolasi sebanyak 82 orang, dirawat sebanyak 12 orang, meninggal dunia sebanyak 13 orang, KE sebanyak 17 orang, discarded sebanyak 13.596 orang dengan total swab sebanyak 15.072 sampel.

  • Bagikan