Pessel Punya Potensi Pengembangan Agrowisata

  • Bagikan
Foto : Kepala Dinas Pertanian Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pesisir Selatan, Nusirwan.

Pesisir Selatan – Potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan di sektor pertanian dan perkebunan, ternyata tidak hanya menjadikan daerah itu sebagai lumbung padinya Sumatera Barat. Dikatakan demikian, sebab sektor itu juga bisa dikembangkan sebagai kawasan agrowisata.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pesisir Selatan, Nusirwan, Senin 3 Mai 2021.

Diungkapkannya, bahwa pihaknya melalui kerjasama berbagai pemangku kepentingan yang terkait, akan terus berupaya mengembangkan potensi sektor pertanian dan perkebunan.

Sebab potensi itu juga memiliki nilai guna terhadap pengembangan pariwisata yang terus berkembang di daerah itu.

“Eduwisata dan ekowisata pertanian akan menambah daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel. Potensi ini cukup besar bisa dikembangkan, sebab akan menjadi destinasi baru di daerah ini,” katanya.

Agar pengembangan dapat dilakukan secara maksimal sesuai dengan potensi yang ada, sehingga dukungan dan kerja sama dari pemerintahan nagari, maupun dari masyarakat petani itu sendiri sangat penting.

“Selain pemangku kepentingan terkait, Kita juga sangat mengharapkan kerja sama dari pemerintah nagari dan masyarakat petani dalam mengembangkan potensi ekowisata yang ada itu. Sebab keberadaan lokasi atau kawasan yang akan dikembangkan, hampir semua nagari di daerah ini,” katanya.

Ditambahkan lagi bahwa agrowisata akan menjadi magnet bagi semua keluarga yang akan melakukan liburan ke Pessel.

Tampaknya jelas akan membuat sektor pertanian juga bisa menggeliat, di samping juga sektor lainnya.

Melalui sektor itu, perekonomian masyarakat petani melalui produksi non komoditi juga akan meningkat,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, ketika dihubungi mengatakan bahwa potensi pengembangan ekowisata memang dimiliki oleh semua nagari pada 15 kecamatan yang ada di Pessel.

“Melalui pengembangan ekowisata ini nanti, maka masyarakat yang berkunjung ke Pessel juga akan memiliki pilihan, atau tidak hanya tertuju pada wisata bahari sendiri,” ujarnya.

Disampaikannya bahwa konsep pengembanganekowisata tersebut akan dilakukan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh kawasan-kawasan yang dikembangkan.

“Salah satu kawasan ekowisata yang sudah sangat populer di Pessel saat ini adalah kawasan wisata Pantai Penyu di Nagari Amping Parak Kecamatan Sutera,” timpalnya.

  • Bagikan