Kawasan Pantai yang Wajib Dikunjungi di Pariaman

Foto: Internet

Pariaman РPariaman menjadi salah satu surganya Sumatera Barat.  Jika mendengar kata Pariaman, yang terlintas dipikiran masyarakat biasanta tentang Tabuik. Namun, Pariaman tidak hanya seputar acara adat Tabuik. Pariaman juga banyak sekali pantai yang menyimpan pesona alam yang mengagumkan.

Pariaman merupakan kota yang kaya dengan pantai-pantai eksotis, banyak para wisatawan yang datang hanya untuk menikmati keindahan pantai Pariaman ini.

Berikut destinasi pantai di Pariaman yang bisa masuk list daftar perjalananmu. Penasaran apa aja? Yuk simak informasi berikut, diantaranya

1. Pantai Tiram

Foto: Native Indonesia

Objek wisata pantai pertama yang harus kamu kunjungi jika ke Pariaman adalah pantai Tiram. Pantai Tiram ini selalu ramai dikunjungi. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik karena disana terdapat satu jembatan gantung yang bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto yang Instagramable. Karena itulah, banyak para pengunjung yang datang ke Pariaman hanya untuk mengunjungi pantai Tiram.

Di Pantai ini. kamu juga bisa menemukan satwa liar seperti bangau, kera serta berbagai jenis burung yang langka. Biasanya hewan tersebut akan hinggap diatas dahan rawa-rawa dan danau. Belum lagi ditambah dengan sunsetnya yang terlihat mempesona dan cantik, itu juga akan menambah koleksi foto terbaikmu di Pantai Tiram.

2. Pantai Ketaping

Foto: Internet

Pantai Ketaping terletak di kabupaten Padang Pariaman, tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau. Pantai Ketaping ini merupakan pantai yang masih asri dan alami menyajikan pemandangan yang indah.
Saat matahari terbenam panoramanya begitu mengagumkan. Pasirnya bewarna putih lembut dan air lautnya sangat biru yang menambah keindahan pantai.

Selain itu, pepohonan rindang di sepanjang bibir pantai juga akan membuat suasana pantai menjadi sejuk.
Pantai Ketaping ini sangat bersih dan hening sehingga pantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk refreshing. Pantai ini akan lebih menyenangkan jika dikunjungi bersama keluarga, teman bahkan pasangan.

3. Pantai Cermin

Foto: Internet

Pantai cermin merupakan pantai yang juga ada di Pariaman, pantai ini cukup landai dengan kemiringan 0-2%, pohon kelapa dan pohon pinus yang ada dipinggiran pantai juga menambah kesejukan di pantai cermin ini.
Potensi alam di pantai ini sangat menarik untuk dinikmati bersama keluarga karena kondisi pantai relatif terjaga. Keasyikan berwisata di pantai ini ditambah dengan keadaan warna pasir yang kuning gading dan tanpa lumpur.
Fasilitasnya pun cukup dan memadai serta dilokasi pantai ini juga terdapat restaurant yang menyediakan menu khas kepala ikan gulai, cumi goreng dan aneka jenis ikan laut serta minuman segar lainnya.

4. Pantai Gandoria

Foto: Native Indonesia

Pantai Gandoria merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang dibalut hembusan angin sepoi-sepoi.
Pantai ini memiliki keunggulan pada lanskap baharinya. Tidak jauh dari pantai ini, terdapat gugusan pulau kecil yang bisa kamu lihat dari pantai Gandoria dan jaraknya pun bisa kamu tempuh dalam waktu singkat.

Di pantai ini tersedia fasilitas yang sudah lumayan akomodatif bagi para wisatawan. Jalan menuju pantai ini tidak buruk dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Banyak kedai yang tersedia dipinggir jalan dengan menu yang lumayan variatif. Seperti pecel lele, nasi goreng bahkan mie rebus. Pedagang kelapa muda pun akan sangat mudah kamu temui.

Selain berfoto dengan latar belakang laut lepas, bangunan yang menyerupai panggung dengan tulisan Pantai Gandoria juga bisa menjadi tempat untuk mengabadikan momen kunjungan di Pantai Gandoriamu.

5. Pulau Angso Duo

Foto: Internet

Pulau Angso Duo merupakan pulau yang terletak diseberang Pantai Gandoria, untuk menyeberang ke pulau ini kamu perlu naik kapal, waktu tempuhnya sekitar 15 menit dari pantai Gandoria dengan tarif terjangkau.
Pulau ini cocok jika dikunjungi bersama keluarga karena pulau ini tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa lebih menikmati waktu bersama keluarga.

Di pulau ini, kamu bisa berenang, snorkeling, atau sekedar bersantai menikmati keindahan laut. Bahkan kamu juga bisa naik banana boat karena disini ada pengelola yang menawarkan jasa sewa peralatan snorkeling.

Pulau Angso Duo tergolong pulau kecil, tapi disini fasilitasnya lumayan lengkap. Bahkan disini tersedia penginapan untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu. Selain itu, fasilitas standar pantai seperti tempat bilas, musholla, serta kamar mandi pun tersedia di pulau indah ini.

6. Pulau Kasiak

Foto: Kabar Daerah

Pulau Kasiak salah satu pulau dari gugusan pulau yang berada tidak jauh dari daratan kota Pariaman. Jika ingin ke Pulau Kasiak kamu harus menempuh perjalanan dengan kapal selama 15-30 menit.

Pulau ini cocok dijuluki sebagai the tropical paradise karena pepohonan kelapa yang mengelilingi pantai semakin membuat pantai ini tampak eksotis. Pulau ini memiliki pantai yang berpasir putih, selain itu pulau ini tidak berpenghuni, sehingga jika kamu berlibur disini seakan-akan pulau ini adalah pulaumu sendiri.

Pulau Kasiak menyuguhkan background yang cantik untuk diabadikan dalam foto. Bagi kamu yang tidak takut ketinggian, di pulau ini kamu bisa menaiki mercusuar. Walaupun sedikit susah menaiki tangga untuk mencapai puncak mercusuar, kamu pasti tidak akan menyesal jika sudah sampai di puncaknya nanti.

Hamparan laut biru bisa kamu abadikan dari segala arah dari atas mercusuar ini. Sesekali kamu juga bisa melihat kapal-kapal yang melintas. Pulau ini ombaknya relatif lebih tenang, kamu bisa melakukan snorkeling atau sekedar berenang.

Jika kamu berminat menginap di pulau ini seharusnya kamu menyiapkan tenda dan perbekalan yang cukup, karena di pulau ini kamu tidak kan menemukan satupun pedagang. Lalu, pastikan kamu izin terlebih dahulu pada penjaga pulau. Menginap di pulau yang tidak berpenghuni, tentunya akan jadi pengalaman yang luar biasa dan tidak akan mudah terlupakan.

Itulah beberapa lokasi surga tersembunyi yang ada di Pariaman.Walau tidak seterkenal Kuta dan daerah Bali lainnya, tetapi pantai-pantai ini pantas untuk dijadikan destinasi liburan akhir pekanmu. Jadi, kapan kamu akan berkunjung?

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.