Ketua Bumdes Indonesia Harap Deklarasi Mandeh Semakin Tingkatkan Promosi Wisata

Ketua Forum Bumdes Indonesia Febby Dt Bangso Nan Putiah saat menyerahkan cendra mata dari Mentri Desa Eko Putra Sandjojo kepada peserta usai pembacaan deklarasi Mandeh, di Pessel Sumbar, Senin (28/8/2018).

 

PESSEL, KABARSUMBAR – Ketua Forum Badan Usaha Desa (Bumdes) Indonesia Febby Dt Bangso Nan Putiah mengharapkan setelah diadakannya kegiatan deklarasi Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh semakin meningkatkan popularitas dalam mempromosikan wisata di daerah tersebut.

“Tidak hanya bagi masyarakat Pulau Sumatera namun Indonesia secara menyeluruh bahkan dunia akan mengetahui KWBT Mandeh Tarusan Pessel Sumbar,” katanya.

Pihaknya mengatakan pelaksanaan Munas di Mandeh merupakan hari kedua, namun kegiatan di sana tidak kalah penting jika dibanding dengan kegiatan di Universitas Negeri Padang.

“Dimana deklarasi Mandeh tidak hanya sebatas seremonial, sehingga akan menentukan kelanjutan BUMDes se-Indonesia kedepan. Selain itu ada acara penganugerahan BUMDes award kepada BUMDes terbaik, setelah sebelumnya dilakukan penilaian ketat oleh tim kementerian,” ungkapnya di Pessel, Selasa (28/8)

Pihaknya menyebutkan deklarasi tersebut dibacakan pada Musyawarah Bumdes Indonesia 2018 pada Selasa (28/8/2018) di Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatra Barat (Sumbar).

Dalam deklarasi itu Forum Bumdes dari wilayah seluruh Indonesia, sepakat berkerjasama untuk memajukan ekonomi desa lewat pembentukan dan penguatan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa.

Dari pantauan kabarsumbar.com dilokasi kegiatan pelaksanaan Munas dipusatkan di Gedung TPI Carocok, Kawasan Wisata Terpadu Mandeh, Tarusan, Pessel. Para peserta disuguhkan dengan hidangan makanan khas dari Nagari Kambang, Pesisir Selatan, seperti kue putu, agar-agar lapis dan gulai ikan karang.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB, Hamdi menyampaikan apresiasinya dengan dijadikan Pessel khususnya Kawasan Mandeh sebagai salah satu tujuan kunjungan Munas.

Tentu hal ini, menjadi promosi besar bagi Kawasan Mandeh agar semankin dikenal luas oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Hamdi juga menyampaikan. Bumnag yang ada di Pessel telah berkembang dan mampu melahirkan ekonomi dan usaha-usaha ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi Bumnag yang ada di Pessel untuk terus berinovasi dan berkembang guna meningkatkan usaha dan ekonomi masyarakat dan nagari,” tutupnya.

(Putri Caprita)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...