KI Pusat Sebutkan Rekomendasi Bidang Demokrasi Jelang Pemilu 2024

Kabarsumbar.com – Komisi Informasi Pusat beberkan rekomendasi bidang demokrasi terkait Pemilu 2024. Rekomendasi yang disampaikan merupakan salah satu bentuk keterbukaan informasi publik.

Wakil Ketua KIP, Arya Sandhiyudha, menyebutkan bahwa terbentuknya desk Pemilu di Pemerintah Daerah yang melibatkan Komisi Informasi pada setiap tingkatan, memiliki guna untuk menjamin keterbukaan informasi publik pada Pemilu 2024.

Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik KIP RI, Gede Narayana juga menyebutkan, rekomendasi bidang demokrasi tersebut digunakan sebagai target tambahan dari hasil Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) pada  tahun 2022. Hal ini berguna di samping adanya rekomendasi bidang pandemi dan bidang perempuan.

“Kalau setahun lalu kan hanya berupa penyampaian informasi kepada hasil indeks IKIP, kalau sekarang ada target yang kita hasilkan juga yaitu beberapa rekomendasi,” ujar Gede.

Sementara, Komisi Informasi Pusat (KIP) mengumumkan nilai Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Nasional tahun 2022. Adapun IKIP tahun ini mengalami kenaikan skor dari 71,37 pada tahun 2021 menjadi 74,43 pada tahun 2022.