Daerah  

KI Sumbar Berikan AMP Award pada Guspardi Gaus

Guspardi Daus menerima penghargaan dari Komisi Informasi Sumatera Barat. Foto: Internet

Padang– Komisi Informasi (KI) Sumbar serahkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada Anggota Komisi II DPR RI asal Sumbar Guspardi Gaus. Guspardi merupakan salah satu dari 12 tokoh yang mendapatkan achievement motivation award (AMP) pada tahun 2021.

Dilansir dari mimbarsumbar.id, KI memberikan AMP Award pada Guspardi sebagai bentuk penghargaan kinerjanya dalam mencapai KIP. Selain menerima AMP Award 2021, Guspardi juga menampung aspirasi terkait Komisi Informasi tingkat provinsi.

“Jadi Komisi Informasi Provinsi itu anggarannya dari APBD tentu ada kaitannya dengan mitra saya di Komisi II Kemendgari ya?,” ungkap Guspardi.

Wakil Ketua KISB Arif Yumardi mengakui bahwa ada perbedaan antara KI Pusat dengan daerah.

“Kalau KI Pusat fasilitasi dan anggarannya di Kementerian Kominfo, tapi kalau daerah itu di  APBD yang mempedomani aturan dari Kemendagri,” tutur Arif.

Dilain sisi Komisioner KISB, Adrian Tuswandi berharap bahwa Guspardi Gaus bisa berdialog soal regulasi memperkuat kerja KI Provinsi se Indonesia.

“Ini aspirasi pak Guspardi, semoga bisa jadi bahan bincang Pak Guspardi dengan Kemendagri nanti,” ungkap Adrian.

Tanti Endang Lestari selaku Ketua Monev Badan Publik yang juga komisioner KISB mengatakan AMP award 2021 ke Guspardi Gaus telah melewati tracking dari KI sendiri. Beliau mengatakan bahwa ada kekuatan dari Pak Guspardi Gaus dalam memproduksi informasi selaku wakil rakyat sarat nilai-nilai informasi publik berdasarkan tracking KI pada 2021.

Guspardi akui keterkejutaannya saat menerima AMP award.

“Terkejut, karena berpikir apa indikator KI Sumbar menetapkan saya selalu tokoh keterbukaan informasi publik 2021. Setelah disampaikan alasan lewat surat resmi akhirnya keterkejutan saya itu terjawab sudah,” ungkap Guspardi.

Banyak pihak yang berharap pada Guspardi. Salah satunya Nofal Wiska, Ketua KISB berharap Guspardi menjadi triger keterbukaan informasi publik di DPR RI dan mitra kerja Komisi II karena popularitas lembaga KI masih tergolong rendah sehingga diperlukan tokoh KIP 2021 yaitu pak Guspardi sebagai tokoh untuk mentriger kepopuleratitasan KI se Indonesia.