KI Sumbar Gelar Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik 2023

Foto : Internet

Payakumbuh – Gelaran tahunan Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik menjadi simbol kegiatan unggulan Komisi Informasi Sumatera Barat. Ratusan siswa turut serta dalam kegiatan yang diadakan di Payakumbuh ini.

Kegiatan tersebut tidak hanya bersifat seremonial, melainkan juga menggabungkan workshop dengan penampilan seni dari siswa SMA dan SMK.

Nofal Wiska, Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat, menjelaskan bahwa Baralek Gadang Keterbukaan Informasi 2023 dihadiri oleh siswa-siswa SMA dan SMK se-Kota Payakumbuh. Fokus utamanya adalah menggalakkan Payakumbuh sebagai pusat Keterbukaan Informasi Publik dengan memperkuat pemahaman KIP di kalangan siswa.

“Baralek Gadang Keterbukaan Informasi Publik tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua di Payakumbuh. Kami berharap nilai-nilai KIP yang dihasilkan dapat tersebar ke kabupaten dan kota lainnya,” ungkap Nofal Wiska.

Supardi, Ketua DPRD Sumatera Barat, yang membuka acara tersebut, menyatakan bahwa Sumatera Barat harus menjadi pelopor dalam keterbukaan informasi publik di Indonesia. Hal ini disebabkan masyarakat Sumatera Barat telah terbiasa dengan transparansi dan akuntabilitas, faktor yang telah mendorong kemajuan budaya di daerah tersebut.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.