KI Sumbar Lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada Badan Publik

KI Sumbar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap laporan (KIP). Sumber : arunala.com
      KI Sumbar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap laporan (KIP). Sumber: arunala.com

Kabarsumbar.com – Komisi Informasi Sumbar kembali mengadakan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik bagi sejumlah badan publik yang ada di Sumbar.

Pada langkah awal, KI Sumbar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap laporan keterbukaan informasi publik (KIP). Hal ini dilakukan pada badan publik yang disasar. Tujuan dilakukannya monitoring dan evaluasi tersebut untuk memulai pemeringkatan badan publik.

Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari menyatakan bahwa tahun ini ada 300 badan publik yang akan  dimonitoring dan dievaluasi kinerja KIP mereka. Ada sembilan kategori monev yang dilaksanakan saat ini.

Menurutnya, target badan publik yang bisa ikut monev kali ini setidaknya mencapai 90 persen lebih. Artinya, lebih baik di banding tahun lalu.

Tanti juga menambhakan, pada peringkat Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2022 dipublish Komisi Informasi Pusat seminggu lalu, Sumbar memiliki nilai IKIP di atas rata-rata nasional.

“Jadi makin banyak badan publik ikut monev KI Sumbar tahun ini, jelas berujung pada kualitas lebih baik bagi hasil IKIP Sumbar untuk berikutnya, dengan begitu predikat provinsi informatif 2022 di nasional bisa diraih Pemprov Sumbar,” ucap Tanti Endang Lestari.