Ragam  

Galamai, Dodol Khas Orang Minang

Galamai. Foto: Langgam

Padang – Berbicara soal kuliner Ranah Minang, tentu tidak akan ada habisnya. Tidak hanya menyimpan keindahan alam yang mempesona, Ranah Minang juga menyimpan segudang kuliner yang pastinya menawarkan cita rasa yang khas. Salah satunya yang wajib untuk dicoba adalah Galamai.

Galamai merupakan makanan khas Payakumbuh yang seringkali disebut mirip Dodol. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan, santan, dan gula aren. Ada pula beberapa yang menggunakan gula pasir untuk menambah rasa manis pada Galamai.

Galamai. Foto : saribundo.biz

Memasak Galamai memerlukan waktu hingga berjam-jam untuk memastikan semuanya dimasak hingga matang. Pembuatannya adalah dengan mencampur gula aren dan santan hingga kental. Di sisi lain, siapkan tepung beras dan aduk dengan santan pekat. Setelah merata, lalu campurkan ke dalam gula aren yang sudah dicampur santan tadi.

Ketika memasak Galamai, pastikan kamu tetap berada di tempat. Galamai harus dimasak hingga kenyal dengan terus diaduk dan tidak boleh berhenti. Selama memasak, kamu juga bisa menambahkan taburan kacang tanah yang disangrai. Taburan kacang akan memberi cita rasa gurih dan renyah pada Galamai. Setelah matang, gumpalan ini akan dipotong dan dibentuk sebelum adonannya dingin.

Galamai bisa dijumpai di seluruh pusat oleh-oleh khas Minang. Tidak perlu khawatir soal harga, karena Galamai biasanya dijual dengan harga yang sangat bersahabat. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencicipi makanan satu ini?