KI Sumbar Pertama, Serahkan Laporan Kinerja 2019 ke KI Pusat

Jakarta – Komisi Informasi (KI) Sumater Barat menjadi yang pertama dalam penyerahan laporan kinerja sepanjang tahun 2019 ke KI Pusat RI, Jakarta, Rabu 12 November 2019.

Laporan tahunan KI Sumbar itu diterima langsung Komisioner KI Pusat bidang Kelembagaan Cecep Suryadi disaksikan Romanus Ndau.

“Ini laporan KI pertama yang KI Pusat terima, meski ketentuannya tidak ada tapi ini bagian kami untuk tahu kerja KI provinsi,” kata Cecep.

Komisioner Bidang Kelembagaan KI Sumbar Tanti Endang Lestari menyebutkan, penyerahan laporan ke KI Pusat disusun secara apik dan mudah dipahami.

“Semua potret kerja KI Sumbar sejak 11 Februari sampai 11 Desember 2019 tertuang apik pada laporan 2019 ini,” terang Tanti.

Kemudian, dikatakan Tanti, laporan ke KI Pusat merupakan bentuk sinergisitas dan komunikasi KI Sumbar dengan KI Pusat yang terjalan dengan baik selama ini.

“Hubungan KI provinsi dengan KI Pusat itu sifatnya koordinatif dan kami KI daerah pelaksanaa atas regulasi yang diterbitkan KI Pusat,” ujar Tanti.

Sementara untuk resminya, Wakil Ketua KI Sumbar Nofal Wiska mengatakan, segera disusun termasuk soal penyerapan anggaran.

“Sesuai UU 14 tahun 2008, laporan kerja KI Provinsi setiap tahun diserahkan ke Gubernur dan DPRD Sumbar, Insya Allah Januari 2020 kita sampaikan,” ujar Nofal.

KI Pusat menurut Romanus mencatat capaian KI Sbar 2019 sangat bagus terutama membangun kolaborasi dna sinergisitas dengn stakholder di Sumbar maupun di pusat.

“Ada forum berkaa dengan stakeholder yang juga pimpinan badan publik di Sumbar. Lalu terbentuknya Foruk Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumbar menjadi pertama ada di Indonesia, semua kerja KI Sumbar itu didedikasikan buat penguatan keterbukaan informasi publik, buktinya KI Pusat menganugerahkan Provinsi Informatif,” jelas Romanus Ndau.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...