KOI akan Berupaya Bawa Olahraga Indonesia, Ketua KOI: Janji akan Berjuang Hingga Internasional

Tangerang – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) baru saja melakukan rapat anggota 2022 di JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang, Selasa (8/3). Pada kesempatan ini, Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari berjanji untuk membawa nama olahraga Indonesia ke tingkatan lebih tinggi yaitu kancah internasional.

“KOI berjanji bekerja ekstra keras, berjuang agar nama Indonesia lebih tersohor dan dikenal lagi di dunia olahraga internasional. Kami memperkuat intensitas komunikasi ke sektor internasional, IOC, ANOC, dan sebagainya hingga berdiplomasi untuk membuat pintu komunikasi ke internasional  confederation dan NOC negara lain UU untuk membuka peluang kerjasama,” katanya.

Upaya KOI untuk meningkatkan nama olahraga Indonesia ini tak hanya disebut untuk  Asian Confederation, tetapi juga hingga international federation. Untuk itu, Ketua KOI mengapresiasi cabang olahraga yang telah membawa nama Indonesia hingga ke kancah internasional.

“Saya memberikan apresiasi kepada cabang-cabang olahraga karena dari konsensus yang KOI lakukan hampir sebagian besar cabang olahraga di Indonesia sudah memiliki perwakilan baik itu di asia konfederasi maupun di internasional federation,” ucapnya.

“KOI juga terus berjuang agar bisa membawa baik itu single even maupun multieven untuk bisa dilakukan di Indonesia. Dan KOI berkomitmen bisa lebih banyak lagi untuk tahun 2022 karena prioritas KOI  adalah atlet dan cabor,” tambahnya.

Lebih lanjut Okto mengatakan bahwa Indonesia adalah nomor empat terbesar di dunia tapi prestasi olahraga masih kurang besar. “Kita memang nomor empat  terbesar di dunia tapi secara prestasi olahraga masih harus kebut-kebutan, ini pekerjaan rumah  kita bersama,” katanya

Untuk itu, lanjutnya, ia mengimbau baik KOI maupun stakeholder olahraga lainya untuk mengangkat pamor olahraga Indonesia ini dengan tingkatkan prestasi dunia.

“Kami mengimbau diri kami sendiri dan  semua stakeholder olahraga Indonesia untuk mengangkat pamor olahraga Indonesia ini dengan tingkatkan prestasi dunia, gegerkan single dan multi event internasional di tanah air dan bangun diplomasi olahraga untuk negeri,’ ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan diplomasi olahraga khususnya di internasional menjadi komitmen KOI terutama di awal tahun 2020.  Karena merah putih atas arahan dan perjuangan dari Pak Menpora  kembali bisa berkibar di tanah air dan di ajang ajang internasional.