Komisi Informasi Harapkan Seleksi Komisioner KPU Sumbar Terbuka

Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi. Gedung KPU

Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat mengimbau tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner KPU Sumbar terbuka.

Dijadwalkan, KPU RI sendiri akan segera melakukan verifikasi adminstrasi para calon, setelah ditutupnya pendaftaran pada hari ini, Rabu (21/2/2018).

“Karena ini terkait seleksi personal untuk menjadikan orang menjalankan amanah sebagai penyelenggara Pemilu untuk lima tahun kedepan, tentu harus terbuka penialiannya,” kata Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi di Padang, Rabu (21/2/2018).

Adrian berharap, Pansel dalam proses seleksi calon KPU Sumbar agar terbuka.

Menurutnya, memang dalam prinsip keterbukaan informasi, soal nilai seseorang masuk kategori informasi dikecualikan.

“Tapi pengecualiannya kepada calon yang mau tahu nilai di atasnya bisa saja meminta informasi ke Pansel atau yang SK-kan Pansel,” jelas Adrian.

Dikatakan Adrian, Pansel maupun atasan Pansel bisa saja memberikan, namun nama dan identitas peserta lain harus dikaburkan.

“Jangan ditolak mentah-mentah, kalau ada sengketa pasti oleh majelis komisioner KI Sumbar disuruh buka dan berikan,” terang Adrian.

Selain itu, melihat tokoh yang menjadi Pansel calon anggota KPU Sumbar, Adrian sendiri mengaku yakin merupakan tokoh yang transparan.

“Saya yakin Pansel adalah tokoh yang sangat paham dengan asas keterbukaan, dan saya jamin proses menentukan hasil akhir di tingkat Pansel clear and cleant,” harapnya.