KONI Canangkan Program Solok Selatan Emas untuk 2018

Koni Solok Selatan
Koni Solok Selatan
Penetapan Cabor yang mengikuti PORKAB Solok Selatan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan, Rabu (1/11/2017). Foto : Radiotemansejati

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mencanangkan program ‘Solok Selatan Emas’ untuk 2018. Program ini merupakan pembinaan dan pelatihan bagi atlet berprestasi keluar Sumatera Barat.

Ketua KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan mengatakan, program ini nantinya akan memfokuskan pelatihan atlet pada Cabang Olahraga (Cabor) individu, dimana memiliki kuota 50 orang.

“Program ini menjadi program andalan kita untuk melatih atlet prestasi cabor individu. Secara bertahap akan dilanjutkan keseluruh Cabor. Menyesuaikan kondisi anggaran,” katanya saat penetapan Cabor yang mengikuti PORKAB Solok Selatan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan, Rabu (1/11/2017).

Mario menjelaskan, program ini telah diterapkan pada Cabor Wushu. Kemudian, atlet yang bakal mengikuti program itu akan disaring terlebih dahulu.

“Sementara fokus pada cabor individu, dikarenakan belum semua bisa diakomodir oleh anggaran. Tapi, ini menjadi program rutin KONI Solsel,” jelasnya.

Selain itu, Anggota Bidang Pembinaan Prestasi KONI Solok Selatan, Mil Ul Azmi menyebut, berdasarkan pantauan pihaknya, sejauh ini terdapat kendala pada setiap Cabor. Hal itu, terutama permasalahan yang belum terakomodirnya tiap pengelompokan atlet.

“Sejatinya, ada tiga kelompok atlet itu. Pertama, atlet persiapan, atlet pelatihan dan atlet prestasi. Pengelompokkan ini harus jelas ditiap cabor. Nanti, atlet prestasi jangan disamakan pola latihan dan pelatihnya dengan atlet pemula,” kata Mil.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Solok Selatan, Isyuliardi Maas akan menyempurnakan secara tertulis oleh tiap bidang pada rapat kerja, nantinya.

“Program kerja secara lisan sudah sama-sama kita dengarkan tapi untuk laporan secara tertulis kita akan sempurnakan pada raker. Untuk itu sebelum raker tiap bidang segera menyiapkan,” singkat Isyuliardi.