Kontingen Solok Raih 3 Emas di Ajang Tinju Amatir Piala Kapolda

Ketua Pertina Kabupaten Solok Zulmasdiawarman, Manager tim Iptu Bayful Yendri, Ketua Koni Kabupaten Solok Rudi Horizon dan Waketum III Yutiswandi, foto bersama atlit dan pelatih, usai penyerahan medali pada Kejurda Tinju Piala Kapolda Sumbar I di Gor UNP, Sabtu (7/10).
Ketua Pertina Kabupaten Solok Zulmasdiawarman, Manager tim Iptu Bayful Yendri, Ketua Koni Kabupaten Solok Rudi Horizon dan Waketum III Yutiswandi, foto bersama atlit dan pelatih, usai penyerahan medali pada Kejurda Tinju Piala Kapolda Sumbar I di Gor UNP, Sabtu (7/10).

Kontingen Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kabupaten Solok berhasil meraih Juara Umum III pada kejuaraan daerah tinju Amatir Piala Kapolda Sumbar I yang berlangsung di GOR Universitas Negeri Padang, Kota Padang, selama sepekan.

Dalam partai final yang berlangsung, Sabtu (7/10/2017) malam, 3 orang petinju asal Kabupaten Solok diantaranya, Rahmat Taubat yang turun di kelas 56 kilogram, Ahmad Wike kelas 52 kilogram dan Indah Kuntum Melisa kelas 48 kilogram berhasil mendulang emas pada kejuaraan daerah tersebut

Menurut Manajer Tim, Iptu Bayful Yendri menyebutkan, keberhasilan kontingen Kabupaten Solok ini, dinilai sebagai momentum kebangkitan Olahraga di daerah penghasil buah markisa itu. Pasalnya, dari 4 orang petinju yang diberangkatkan, hanya 1 orang yang belum mampu mendulang medali emas yaitu atas nama Saddam yang turun di kelas 42 Kilogram.

“Untuk Saddam, merupakan atlit pemula. Ini adalah kejuaraan perdana yang diikutinya,” kata manajer tim Iptu Bayful Yendri.

Bayful mengungkapkan, awalnya pihaknya hanya menargetkan 2 emas untuk para petinju binaannya pada ajang ini. Karena pada perhitungan awal secara matematis 2 orang petinju yaitu Ahmad Wike dan Rahmat Taubat memang unggul diatas kertas dari lawannya.

Sementara Kuntum yang turun di kelas 48 Kilogram dinilai masih disangksikan akan mampu berbuat banyak. “Awalnya kita hanya menargetkan Kuntum untuk medali perak saja karena kita melihat lawannya yang tangguh di partai final ini. Namun keadaan justru dibalikkannya, Kuntum lebih dominan diatas ring, dan menang angka atas lawanya dari Solok Selatan,” terangnya.

Selain meraih 3 emas, ajang ini 2 orang petinju Kabupaten Solok juga diganjar anugerah bergengsi lainnya yakni Petinju terbaik pria atas nama Ahmad Wike dan petinju favorit wanita atas nama Indah Kuntum Melisa.

“Ini sangat luar biasa, selama keikutsertaan kita di kejurda tinju ini, baru kali ini kita mendapat dua anugerah seperti ini,” kata Ketua Pertina Kabupaten Solok Zulmasdiawarman.

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari pembinaan yang berkelanjutan yang dilakukan oleh koni Kab. Solok melalui pengcab Pertina. Selain itu, kata dia, semangat kekeluargaan yang terbangun antara atlit dan pelatih di bawah asuhan Ridwan chan (Ucok) telah mampu membangkitkan semangat juang para atlit untuk memberikan yang terbaik.

“Atlit ini ditempa untuk tidak cengeng, karena saat kondisi sulit dengan peralatan seadanya, mereka tetap berprestasi. Kita berterima kasih kepada Koni dan Polres Solok yang telah memfasilitasi kita di kejuaraan ini,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon mengaku takjub dengan prestasi yang diraih oleh para petinju asal daerah penghasil beras itu.
Selain itu, kata Rudi, pihaknya berkomitmen untuk terus mengangkat prestasi olahraga Kabupaten Solok melalui jalur pembinaan dan tidak instan.

“Dari dana hibah yang dikucurkan untuk Koni, kita alokasikan 80 persen untuk pembinaan atlit dan pemenuhan perlengkapan cabang olahraga, hanya 20 persen saja untuk oprasional pengurus,” kata Rudi.

[Fernandez]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...