KPU : 1.001 Bacaleg Mendaftar untuk DPRD Sumbar

Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU
Ilustrasi Gedung KPU

PADANG, KABARSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mencatat, pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2019 mencapai 1.001 orang.

Jumlah itu berasal dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 untuk menjadi Calon Legislatif (Caleg) dalam DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan, 1.001 orang itu terdiri dari 622 Bacaleg pria dan 379 Bacaleg wanita. “Jadi, ini rekap data para Bacaleg hingga ditutupnya pendaftaran dua hari lalu,” kata Amnasmen di Padang, Kamis (19/7/2018).

Ia menyutkan, jika hanya 13 Parpol yang mendaftarkan Calegnya hingga kuota 100 persen. Ke-13 Parpol itu diantaranya, PKB, Gerindra, Golkar, PDI-Perjuangan, Nasdem, Berkarya, PKS, PPP, Perindo, PSI, PAN, Hanura dan Demokrat.

“Sementara, ada tiga Parpol yang tidak mengirimkan Caleg mereka hingga 100 persen dari jumlah kursi. Ketiga Parpol itu, PBB hanya 61 orang, PKPI 64 orang dan Partai Garuda 31 orang,” jelas Amnasmen.

Selanjutnya, kata Amnasmen, pihaknya akan melakukan pemeriksaan dan validasi terhadap berkas pendaftaran yang telah diberikan masing-masing Parpol.

“Mulai kemarin (Rabu, 18 Juli 2018), KPU Sumbar sudah mulai melakukan pemeriksaaan masing-masing berkas. Nantinya, jika ada yang berkas kurang lengkap atau ingin diperbaiki akan diberikan kesempatan kepada Parpol sesuai ketentuan dan waktu yang telah ditentukan,” katanya.

Nantinya, setelah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat Caleg, KPU Sumbar akan menetapkan dan mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) secara resmi. “Tahapannya masih panjang, hingga nanti kita tetapkan DCT. Kita harap partisipasi masyarakat untuk memberikan tanggapan maupun masukan,” ujar Amnasmen.

Untuk diketahui, Pemilu 2019, DPRD Provinsi Sumatera Barat tidak akan jauh berbeda dengan Pemilu sebelumnya, terutama jumlah kursi mencapai 65 kursi. Nantinya, 1.001 Bacaleg itu akan memperebutkan kursi dari delapan Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Sumatera Barat.