KPU Targetkan Minggu Ketiga Juni Logistik Pilkada Padang Didistribusikan

Penampakan layang-layang yang akan diterbangkan KPU pada sosialisasi di Pantai Padang, Sabtu 21 April 2018. Foto : Al Ikhlas Saputra
Penampakan layang-layang yang akan diterbangkan KPU pada sosialisasi di Pantai Padang, Sabtu 21 April 2018. Foto : Al Ikhlas Saputra

Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menyatakan persiapan logistik dalam Pilkada Kota Padang tahun 2018 mencapai kata rampung.

KPU menargetkan, logistik dalam Pilkada Kota Padang bisa didistribusikan pada minggu ketiga, Juni 2018.

Koordinator Divisi Logistik KPU Padang, Mahyudin mengatakan, proses logistik Pilkada Padang tengah menunggu proses pengadaan yang ditargetkan rampung pada akhir Mei 2018.

“Kita targetkan rampung pada minggu ketiga Mei 2018. Proses pengadaan sudah dilakukan, setelah sebelumnya dilakukan melalui pelelangan,” katanya via seluler kepada Kabarsumbar di Padang, Rabu (2/5/2018).

Untuk total jumlah surat suara pada Pilkada Kota Padang mencapai 549.441. “Dimana, dirincikan, jumlah suara yang dicetak 535.265 ditambah dua persen dari total suara sebanyak 14.176 lembar,” jelas Mahyudin.

Sedangkan untuk persortiran terhadap surat suara, disebut Mahyudin akan dilangsungkan pada minggu kedua Juni 2018. Pihaknya menargetkan pada minggu kedua Juni 2018 tersebut, kesiapan logistik telah rampung dan dapat didistribusikan.

“Karena targetnya minggu ketiga Juni 2018 sudah pendistribusian logistik ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), maka minggu kedua Juni 2018, kita target untuk sortir surat suara sudah rampung,” kata Mahyudin.

Sementara untuk kotak bilik suara untuk Pilkada Kota Padang tahun 2018 berjumlah 1.600 TPS. “Seandainya bilik suara ada yang kurang maka akan meminjam ke KPU Kabupaten dan Kota terdekat. Anggaran logistik Pilkada sekitar 1 miliar lebih, sudah termasuk kesiapan keseluruhannya,” pungkas Mahyudin.

[Andesma Chandra]