Kurangi Polusi Udara, 4 Ribu Pohon Pelindung Ditanam Sepanjang Jalan Bypass

"Sepanjang 30 Kilometer Jalan BIM - Teluk Bayur Akan Ditanam Pohon Pelindung"

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat memimpin rapat teknis penanaman pohon dengan stakeholder terkait, di ruang rapat lantai 2 kantor Gubernur Sumbar, Kamis, (30/82018).

PADANG, KABARSUMBAR – Untuk mengurangi tingkat polusi udara, sebanyak 4 ribu pohon pelindung akan ditanam sepanjang jalan dua Baypas yang merupakan jalur utama penghubung dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Teluk Bayur.

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul mengatakan faktor dilakukan penghijauan ini, karena gersang, lalu lintas yang padat dan ramai sehingga terjadi polusi udara yang mengakibatkan daerah tersebut sangat panas. Untuk itu dilakukan penghijauan sehingga melindungi penggunaan jalan yang melewatinya.

“Diharapkan nantinya dengan penanaman pohon tersebut akan menyerap karbondioksida sehingga pencemaran akan berkurang,” ujar Nasrul Abit di Padang Kamis (30/8/2018).

Nasrul menjelaskan penanaman pohon pelindung yang merupakan usulan dari Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada November mendatang dan dilaksanakan di Kota Padang sepanjang 25 kilometer dan Kabupaten Padang Pariaman 5 kilometer.

“Untuk jenis pohon diputuskan akan ditanam trembesi dan mahoni dipinggir jalan dan dua daerah tersebut telah setuju,” katanya.

Sambungnya, selain kedua pohon ini. Kota Padang juga berencana akan menanam pohon di bagian tengah jalan yakni bunga tanjung. Karena, bunga tanjung ini akan menambah harum kota dengan wanginya.

“Untuk itu, hari ini kita telah tunjuk berapa tim terkait penanaman pohon ini. Harapan kita, September atau Oktober titik-titik penanaman pohon ini sudah ada,” pungkasnya.

Terakhir pihaknya menyebutkan penanaman pohon jenis Trembesi dan Mahoni sepanjang jalan Bypass tersebut, nantinya akan dibantu dari CSR PT Djarum, serta, stakeholder terkait. “Nantinya ditanam di pingir kiri dan kanan di sepanjang jalan BIM sampai Teluk Bayur,” tutupnya.

(Putri Caprita)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...