oleh

Lantamal II Gelar Latihan Pengamanan Pemilu 2019

PADANG, KABARSUMBAR – Dalam rangka menghadapi pemilihan Presiden dan anggota Legislatif di Pemilu 2019, Lantamal II menggelar latihan pengamanan untuk mengahadapi perkembangan situasi guna mendukung tugas kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan di Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan latihan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1-8 Februari 2019 ini melibatkan seluruh prajurit, baik militer maupun PNS di lingkungan Lantamal II. Berbagai macam materi yang terkait dengan pelaksanaan pengamanan Pemilu mulai dari Hak Asasi Manusia, Hukum Humaniter, Netralitas TNI dan PNS di lingkungan TNI, peran Bawaslu dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu yang disampaikan langsung oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Sumbar, hingga simulasi penanganan unjuk rasa oleh tim PHH Lantamal II, diberikan kepada seluruh prajurit militer dan PNS Lantamal II sebagai bekal unrtuk menghadapi pelaksanaan pemilu 2019.

Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M. Sc, menyampaikan bahwa kegiatan latihan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kesiapan Lantamal II untuk menjaga netralitas dan stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Barat guna menyukseskan terselenggaranya Pemilu 2019 yang lancar, aman, dan netral.

Kepada seluruh prajurit dan PNS Lantamal II, Danlantamal II memerintahkan agar seluruh personel menyiapkan diri dan material yang ada untuk menghadapi segala kemungkinan situasi yang bisa berubah dengan cepat. Diharapkan dengan diselenggarakannya latihan ini seluruh personil Lantamal II baik militer maupun PNS dapat memahami tugas dan peran serta larangan-larangan yang tidak boleh dilaksanakan dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini sehingga tidak ada pelanggaran yang dilakukan.

Selama kegiatan latihan ini Asops Danlantamal II Kolonel Laut (P) Cahya Indra Susilo, S. T., M. M yang bertindak sebagai koordinator latihan menekankan kepada seluruh prajurit yang terlibat, agar memahami dan melaksanakan setiap materi yang dilatihkan sehingga apabila dalam keadaan tertentu seluruh personil sudah mengerti prosedur yang harus dilakukan.

(Putri Caprita)

Komentar

Lainnya