Larangan Mudik Lebaran, Kereta Api di Sumbar Tetap Beroperasi

  • Bagikan
Foto : Stasiun Kereta Api di Sumbar Jelang Mudik Lebaran.

Padang – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (Divre) II Sumatra Barat (Sumbar) akan tetap beroperasi pada masa lebaran dan penyekatan arus mudik yang dimulai pada, Kamis 6 Mei 2021 hingga, Senin 17 Mei 2021 mendatang.

Humas PT KAI Divre II Sumbar, Ujang Rusen Permana menyatakan, perjalanan kereta api di wilayahnya masuk dalam daftar KA lokal sehingga akan tetap beroperasi.

“Kereta api di wilayah Divre II Sumatra Barat adalah KA Lokal yang tetap beroperasi seperti biasa tanpa ada pengurangan perjalanan karena perjalanan paling akhir pun masih di bawah pukul 20.00 WIB,” katanya.

Namun demikian, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi oleh seluruh penumpang kereta api.

Sementara Vice President (VP) Public Relation PT KAI (Persero), Joni Martinus menyatakan, pihaknya mengoperasikan kereta api jarak jauh hanya bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non-mudik.

Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Nomor 13 tahun 2021 dan surat Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Nomor: HK.701/1/10/DJKA/2021 tanggal 30 April 2021.

“Kami mematuhi aturan dan kebijakan dari pemerintah bahwa mudik tetap dilarang,” kata Joni Martinus,VP Public Relation PT KAI.

Joni menjelaskan, masyarakat yang diperbolehkan menggunakan kereta api adalah pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non-mudik yaitu untuk kepentingan pekerjaan atau perjalanan dinas.

“Kemudian, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga, dan kepentingan non-mudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah setempat, begitupun dengan pegawai negeri atau swasta, TNI, Polri, karyawan BUMN-BUMD,” jelasnya.

  • Bagikan