Lebaran Idul Adha, Total Hewan Kurban Di Sumbar Naik Capai 45 Ribu Ekor

Sumbar Alami Peningkatan Berkurban 5 Sampai 6 Persen

Gubenur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Wagub Nasrul Abit dan beberapa OPD terkait saat mengecek sapi kurban bantuan dari Presiden Jokowi Dodo

 

PADANG, KABARSUMBAR – Lebaran Idul Adha 1439 Hijriah 2018, total hewan kurban di Sumatra Barat (Sumbar) naik menjadi 45.630 ekor dibanding pada 2017 dengan jumlah 42.250 ekor.

“Alhamdulillah Lebaran Idul Adha tahun ini berjalan lancar dan mengalami peningkatan 5 sampai 6 persen hewan kurban dibandingkan pada 2017,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumbar Hendri, di Padang Selasa (22/8/2018).

Pihaknya menyebutkan tahun ini hewan yang di kurbankan tersebut terdiri dari 39.690 ekor sapi dan 7.225 ekor kambing, sedangkan pada 2017 terdiri 36.750 sapi dan 6.500 ekor kambing.

“Jumlah peserta kurban di Sumbar yang berkurban pada tahun ini mencapai 285.055 orang dibandingkan pada 2017 sebanyak 263.257 orang. Artinya presentasi peserta kurban tahun ini naik dari 7 sampai 8 persen,” ungkapnya.

Menurut Hendri yang juga menjabat sebagai ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) mengatakan peningkatan jumlah pekurban tersebut karena beberapa faktor diantaranya keimanan dan ketaqwaan masyarakat Sumbar semakin meningkat.

Selain itu kata dia, faktor lainnya karena tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat. “Artinya perekonomian masyarakat Sumbar, semakin hari semakin meningkat,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Ibrahim dan keluarganya adalah keikhlasan hatinya untuk berkurban karena Allah SWT.

“Ini perlu dibudayakan, karena antarmasyarakat pun tidak semuanya bercukupan. Tentunya diharapkan dengan jiwa kepedulian yang dicontohkan Nabi Ibrahim, seharusnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan,” kata dia.

Selain itu, ia mengucapkan rasa terimakasih kepada Jokowi karena tahun ini Masjid Raya Sumbar mendapat bantuan sapi besar, seberat satu ton 80 kilogram dan tentunya hal tersebut sangat bermanfaat.

“Tidak hanya itu, dari peternak kita di Tanah Datar ada 8 sapi nominasi, dan ini yang terbaik, terberat, dan tersehat di tahun ketiga. Setelah dipotong kemudian dibagikan ke masyarakat sekitar sini dan diserahkan ke masjid di tepi Padang yang sudah ada daftarnya,” tutupnya.

(Putri Caprita)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...