Lebaran, Pemkab Tanah Datar Pastikan Sembako Tercukupi

TANAH DATAR, KABARSUMBAR—Sebelum memasuki Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 Masehi, sejumlah perangkat pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) bersama unsur Forkompinda menggelar rapat koordinasi kesiapan pengamanan.

Pemkab setempat dalam hal ini disampaikan Sekda Hardiman, terkait kebutuhan pangan atau sembako jelang lebaran dan pasca lebaran, tidak akan terjadi kelangkaan. Hal ini katanya, berdasarkan pantauan di lapangan oleh tim di Pasar Batusangkar beberapa waktu lalu.

Harga-harga relatif stabil, karena ketersediaan bahan pokok mencukupi. Tidak hanya itu, berharap keamanan dan kenyamanan masyarakat Tanah Datar terjaga selama libur panjang edisi Idul Fitri 1439 atau lebaran 2018. Peran Wali Nagari sangat diharapkan siap siaga akan kedatangan perantau dan pendatang yang hendak berwisata di wilayah Tanah Datar.

Meskipun ada ketersediaan bahan pokok, namun sangat diharapkan koordinasi dengan sejumlah OPD terkait untuk memastikan BBM, LPG dalam keadan tersedia. Sehingga tidak menyulitkan masyarakat untuk mendapatkannya.

“Harga pasar tentu akan bergerak sesuai kebutuhan pasar, dan tentu akan naik dalam beberapa hari terutama saat hari H, perlu antisipasi untuk mengantisipasinya,” kata Hardiman, mewakili Bupati Tanah Datar saat rakor pengamanan lebaran di aula kantor bupati.

Ia menegaskan, agar memang benar-benar terpantau betul, mengingat musim libur lebaran tahun ini cukup panjang apalagi jelang hari raya. Turu serta dalam rakor kesiapan pengamanan libur lebaran di Tanah Datar dihadiri Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi Sugianto Harahap, Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas.

[Rehan]