Liburan ke Padang, Minuman Unik Ini Harus Dicicipi

Padang Padang memiliki beragam jenis makanan dan minuman khas yang sudah terkenal lezat. Apalagi rendang telah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia menambah eksistensi masakan Padang.

Tapi, kamu tahu minuman khas tanah Minangkabau, belum nih? Kalau kamu sedang berlibur ke Kota Padang, beberapa minuman khasnya ini harus kamu cicipi ya.

1. Teh Talua

Teh Talua Kota Padang
Foto : Internet

Pertama adalah Teh Talua. Salah satu minuman yang unik dimana air teh dicampur dengan telur. Jadi pada minuman ini ada air teh yang dicampur dengan gula dan kocokan kuning telur ayam kampung. Masih ditambahkan dengan bubuk vanili agar lebih enak saat diminum.

Rasanya tidak jauh beda dengan teh yang dicampur susu. Hanya saja tekstur Teh Talua ini lebih lembut dan lebih berbusa. Hal itu dikarenakan adanya kocokan kuning telur di dalamnya.

Membuatnya juga unik, tidak menggunakan mikser atau kocokan telur dari kawat. Tetapi telur dan gula dikocok dengan beberapa potong lidi, tentu saja dengan tangan yang terampil si penjual.

2. Air Kacang

Foto : Internet

Air kacang adalah air daun kacang. Minuman segar yang satu ini memiliki penyebutan berbeda di setiap daerah di Sumatera Barat. Aia aka atau bisa disebut aia kacang ini memiliki bahan dasar olahan daun cincau hijau mirip agar-agar. Minuman berwarna hijau ini juga sering dijumpai di pinggir atau di persimpangan jalan di Kota Padang. Dijual dengan gerobak dorong pada sore hingga tengah malam.

Air kacang diyakini berkhasiat mengobati panas dalam. Rasanya asam segar dan cincaunya terasa lebih lembut dari agar-agar. Selain menggunakan air asam, minuman air daun kacang ini juga ada yang dicampur santan dan rasanya tentu saja lebih enak.

3. Jus Pinang Muda

Foto : Internet

Jus dari buah pinang muda yang pahit ini mulai populer di Padang sejak 2000-an. Disediakan di rumah makan dan kedai minuman di pinggir jalan di Kota Padang.

Ini salah satu minuman khas yang biasa diminum untuk mengatasi rasa pegal. Buah pinang muda sendiri rasanya pahit, dicampur dengan kuning telur ayam, dan diberi madu serta susu kental manis baru diseduh dengan air panas.

Terkadang untuk menambah khasiat dan rasa pada minuman ini ditambahkan juga air jahe. Rasa pahit pun bisa tersamarkan dan minuman ini jadi enak untuk dikonsumsi.

4. Es Durian Ganti Nan Lamo

Foto : Internet

Orang Padang dari dulu memang penggemar durian. Ini satu lagi es dengan campuran durian yang cukup lawas, namanya Es Durian Ganti Nan Lamo. Minuman ini banyak penggemarnya, karena aroma duriannya yang tajam.

Es durian ini terdiri dari potongan cincau, tebak yang terbuat dari tepung beras dan dicetak seperti cendol, potongan agar-agar hangkue, cairan gula tebu, susu bubuk coklat, es serut, dan durian.

Durian yang sudah diblender halus disiram ke atas es campur sebagai toping, sehingga semua es tertutup durian yang berwarna kekuningan. Kemudian di atasnya ditambahkan susu kental manis coklat. Namun agar terasa nikmat, ditambah dengan guyuran daging durian yang dihaluskan.

5. Es Tebak

Foto : Internet

Masih mirip dengan es campur hanya saja ada tebaknya. Tebak ini adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dicetak seperti cendol. Teksturnya lebih keras dan lebih memiliki warna putih seperti kelapa.

Selain tebak, campuran lainnya adalah cincau, potongan agar-agar hangkue warna merah jambu, nangka, dan tape singkong. Ada juga yang menambahkan dengan manisan kolang-kaling.

Kemudian campuran es ini diberi es serut yang banyak dan disiram air gula tebu. Topingnya adalah berbagai sirop warna warni serta susu kental manis. Rasanya sungguh segar dan bikin ketagihan.

Nah, itulah beberapa minuman khas dari Kota Padang yang populer dan patut dicoba. Jangan sampai ada yang terlewat ya. Wajib mencicipi semua hidangan khas yang sudah dibahas tadi. Selamat berwisata kuliner dan selamat menikmati.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...