Maninjau Gelar Festival Tambua Tansa dan Silek Tradisional

PADANG, KABARSUMBAR – Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam menggelar Festival Tambua Tansa dan Silek Tradisional. Kegiatan itu digelar se-Tanjung Raya dan Matur, Agam.

Kegiatan itu sendiri dimulai dari Rabu 1 Mei hingga Sabtu 4 Mei 2019.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, hal ini dilakukan guna melestarikam seni dan budaya tidak hilang ditelan masa.

Lanjut Hendria, untuk tambua tansa pesertanya berjumlah 11 grup dan silek 20 pasang lebih. Lokasi pertunjukkannya pun berada di lapangan Nagari Maninjau dan SMKN 1 Tanjung Raya.

“Kita mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Wali Nagari Maninjau bersama lembaga tuo silek di nagari itu, sehingga pelaksanaannya diharapkan aman dan lancar,” kata Hendria.

Menurut Hendria, festival selain memasyarakatkan seni budaya di Tanjung Raya, juga menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus melestarikannya.

Sehingga, kataya, keberadaan seni budaya Minangkabau pada Nagari jadi suatu kebanggaan seperti sediakala.

“Kita menyadari tidak banyak generasi yang mampu mainkan tambua tansa dan menampilkan silek, apakah malu atau memang tidak berminat dengan seni budaya. Ini yang harus diatasi,” katanya.

Disebutkan Hendria, seharusnya yang semangat melestarikan seni budaya merupakan generasi muda, karena merekalah yang dapat mengembangkannya dalam jangka panjang.

“Diharapkan melalui festival semangat generasi kembali timbul untuk mambangkik batang tarandam, dalam melestarikan seni budaya yang jadi kebanggaan bagi orang Minangkabau itu,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan itu tidak hanya festival atau pertunjukan saja, namun panitia juga menilai setiap grup tambua tansa dan silek, bagi peserta yang dapat tampil dengan baik akan diberikan penghargaan.

“Untuk juara I tambua tansa diberikan hadiah Rp2 juta dan juara II Rp1 juta. Sedangkan silek untuk peserta terbaik I sampai V diberikan medali dan sertifikat,” tutupnya.

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...