Mendaftar, Edriana Optimis Diusung Gerindra Jadi Cagub Sumbar

Padang – Politisi perempuan Edriana optimis mendaftar sebagai Bakal Calon (Bacalon) Gubernur ke Partai Gerindra dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat pada tahun 2020 mendatang.

Optimisme kader utama Partai Gerindra ini muncul, setelah melihat tak adanya bundo kanduang yang tampil sebagai cagub Sumbar serta besarnya dukungan dari kalangan emak emak di sejumlah kabupaten dan kota.

Terlebih, visi tentang pembangunan Sumbar kedepan.

“Kita melihat, pemikiran Buk Edriana untuk kemajuan Sumbar ke depan sangatlah bagus. Beliau sangat paham dan sering bercerita pada kami, APBD Sumbar sangatlah kecil dan jelas tak mampu menopang program-program pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, apalagi untuk pembangunan,” jelas Datuk Agus, ninik mamak dari Tanah Datar yang turut mengantarkan Edriana mendaftar ke DPD Partai Gerindra Sumbar, Kamis 14 November 2019.

Bagi Edriana sendiri, membulatkan tekad untuk maju sebagai cagub Sumbar, selain karena dorongan dari sejumlah emak-emak yang sekaligus pendukungnya saat menjadi Caleg DPR RI Dapil Sumbar Satu pada Pemilu 2019 lalu, juga dari hasil diskusi dengan banyak tokoh masyarakat saat dia berkeliling ke sejumlah daerah di Sumbar.

Darisana, berbagai masukan diterimanya termasuk dukungan yang disampaikan langsung oleh masyarakat, terkhusus dari kalangan perempuan.

“Tampaknya, masyarakat Sumbar merindukan pemimpin dari kalangan bundo kanduang. Saya menjawab kerinduan masyarakat itu. Apalagi selama ini, jangankan dipimpin oleh perempuan, untuk mendaftar sebagai cagub Sumbar saja tak pernah ada dari kalangan perempuan. Semoga, dengan menjawab kerinduan akan pemimpin dari kalangan emak-emak ini, akan memperbesar dukungan masyarakat pada saya, insha Allah,” ungkap Edriana yang merupakan lulusan Starat dua (S2) Women and Development di Institute of Social Syudies (ISS) The Haque, Belanda.

Edriana yang juga dikenal sebagai gender specialist di seumlah organisasi internasional untuk membantu pemerintah Indonesia dalam merumuskan program pengentasan kemiskinan yang berpihak pada perempuan, mengaku siap mengajak semua pihak untuk terlibat aktif dalam mengelola potensi perantau minang yang berada di semua provinsi di Indonesia dan di luar negeri untuk membangun Sumbar.

“Jika kolaborasi ranah dengan rantau dapat berjalan dengan baik, akan bisa membawa kemajuan ekonomi yang luar biasa bagi Sumbar,” ujar Edriana, pendiri sekaligus Research Director Women Research Institute (WRI).

Lembaga ini sering melakukan riset tentang hak-hak perempuan yang berhubungan dengan kebijakan publik di tingkat nasional dan lokal.

Karena itu, sebagai pendiri Koalisi Perempuan untuk Keadilan dan Demokrasi, Edriana akan memperjuangkan kesejahteraan dan pengembangan UMKM bagi perempuan melalui alokasi APBD dan dana desa.

Karena, UMKM perempuan mempunyai potensi yang berdmapak pada sektor pariwisata, pertanian dan perdagangan.

Karena itu, UMKM perempuan harus diperkuat, mislanya dengan memperkenalkan kerajian perempuan minang ke dunia internasional.

“Dengan berbagai gagasan dan pemikiran untuk kemajuan Sumbar, serta perjuangan yang saya lakukan dalam membesarkan Partai Gerindra di Sumbar, adalah modal saya untuk meraih dukungan dari Partai Gerindra untuk maju pada pilgub Sumbar 2020 mendatang,” ucap Edriana yang juag pernah menjadi konsultan untuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beberapa tahun lalu.

Optimisme Edriana akan diusung oleh Partai Gerindra, mendapat sambutan dari Afredo Agus, anggota Tim Seleksi Cagub/Cawagub Partai Gerindra Sumbar. Menurutnya, Partai Gerindra tetap mengutamakan kader sendiri untuk diusung sebagai Cagub/Cawagub Sumbar pada pilkada serentak 2020 mendatang. Apalagi dengan raihan 14 kursi DPRD Sumbar pada pemilu 2019 lalu, maka Partai Gerindra sudah bisa mengusung calon sendiri, tanpa harus koalisi dengan partai lain.

“Buk Edriana bukanlah orang baru di Partai Gerindra. Buk Edriana adalah kader utama partai Gerindra sekaligus bundo kanduang pertama yang mendaftar sebagai cagub Sumbar. Bagi Gerindra, tentu mengutamakan kader sendiri untuk diusung pada pilgub Sumbar mendatang. Semoga Buk Edriana sukses melawati tahapan pencalonannya sebagai cagub Sumbar,” ungkap Afredo, Kamis sebelum menerima berkas pendaftaran Edriana di kantor Partai Gerindra Sumbar.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...